Percepat Herd Immunity, Pemkot Blitar Launching Biker Vaksinasi Covid-19 Door To Door

KBRN, Blitar : Berdasarkan data Komite Penanganan Covid-19 dan KPCPEN capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Blitar untuk dosis pertama sudah diatas 104,10 persen dan capaian vaksinasi dosis kedua sekitar 72,18 persen dari jumlah total sasaran sebanyak 115.850 orang. Meski capaian sudah tinggi, Pemerintah Kota Blitar terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi, karena diperkirakan masih ada warga Kota Blitar yang belum menjalani vaksinasi dengan berbagai alasan.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Blitar yakni melaunching Biker Vaksinasi Door to Door. Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar Dr Dharma Setiawan mengaku, percepatan vaksinasi hingga terus dilakukan untuk mempercepat Herd Immunity di Kota Blitar. Sebab, diperkirakan masih banyak warga yang belum bisa menjangkau layanan kesehatan untuk melakukan vaksinasi. Sehingga, dengan adanya program tersebut, ia akan menyisir dari rumah ke rumah untuk memberikan layanan vaksinasi Covid-19.

"Meski capaian vaksinasi sudah tinggi, kami terus menyasar warga yang belum menjalani vaksinasi Covid-19. Kali ini dengan program Biker Vaksinasi Door to Door," ungkap Dr Dharma, Rabu (20/10/2021).

Dijelaskan Dr Dharma, ada tiga tim yang diterjunkan yakni di masing-masing Kecamatan meliputi Sananwetan, Kepanjenkidul dan Sukorejo. Petugas Bikes Vaksinasi Door To Door terdiri dari Babinsa, Bhabinkamtibmas, Petugas Vaksinator dari Puskesmas, dan Kader Posyandu di masing masing Kelurahan. Mereka menyasar rumah warga lansia, difabel maupun warga yang enggan menjalani vaksinasi untuk diberikan pemahaman tentang pentingnya vaksinasi dan dilanjutkan dengan pemberian vaksin Covid-19.

"Ada empat unsur yang terlibat pada program ini mulai dari Babinsa, Bhabinkamtibmas, petugas vaksinator, dan kader posyandu yang ada di setiap kelurahan," jelas dia.

Dr Dharma menambahkan, pada pelaksanaanya kegiatan Biker Vaksinasi Door To Door akan dijadwalkan secara berkala dan stimulan. Sehingga, tidak mengganggu jadwal pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di masing masing layanan kesehatan seperti Puskesmas.

"Nantinya akan dijadwalkan untuk Biker Vaksinasi ini, jadi di Puskesmas atau layanan kesehatan lain juga tetap ada layanan vaksinasi Covid-19," imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00