Sukses Implementasikan Uji Coba New Normal, Kota Blitar Gelar Gebyar Seni dan Budaya

KBRN, Blitar : Selama dua pekan terakhir Kota Blitar menjadi satu satunya daerah di Indonesia yang menerapkan uji coba PPKM Level 1 new normal. Setelah dilakukan evaluasi bersama dengan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, implementasi new normal di Kota Blitar sukes dan kasus Covid 19 stabil serta cenderung turun. 

Oleh karena itu Kota Blitar untuk pertama kali menggelar Gebyar Seni dan Budaya di kawasan Wisata Makam Bung Karno bekerja sama dengan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) 1999 dan Polri. Walikota Blitar Santoso mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk test case atau uji coba kepada masyarakat Kota Blitar. Serya juga untuk menilai sejauh mana penerapan protokol kesehatan disaat diselenggarakan acara hiburan. 

"Hari ini kami berkolaborasi dengan Akabri dan Polri menggelar gebyar seni dan budaya. Ini dilakukan sebagai test case kepada masyarakat, bagaimana penerapan prokes disaat ada acara hiburan. Apakah tetap patuh atau diabaikan," ucap Santoso, Rabu (20/10/2021). 

Dijelaskan Santoso, jika penyelenggaraan gebyar seni dan budaya ini sukses dilakukan, serta penerapan protokol kesehatan dijalankan dengan baik dan benar. Maka,dimungkinkan akan menyelenggarakan kegiatan hiburan seni dan budaya yang lebih besar, seperti peringatan Hari Jadi Kota Blitar dan Haul Bung Karno. 

"Kalau ini nanti berjalan sukses termasuk dengan penerapan protokol kesehatannya, maka nantinya kemungkinan kami bisa menggelar acara hiburan yang lebih besar lagi," jelasnya. 

Selain menggelar Gebyar Seni dan Budaya, Pemkot Blitar bekerja sama dengan Akabri dan Polri juga membagikan bantuan sembako kepada pelaku wisata di Makam Bung Karno, meresmikan satuan pelaksana (satlak) dikawasan Makam Bung Karno dan Istana Gebang. Santoso mengaku, juga menghadirkan puluhan UMKM di Kota Blitar untuk memasarkan produk mereka di kegiatan kali ini. 

"Kami juga meresmikan satuan pelaksana, memberikan bantuan sembako kepada pelaku wisata disana. Dan juga, menghadirkan pelaku UMKM untuk bisa memasarkan produk mereka di kegiatan kali ini," kata dia. 

Lebih lanjut Santoso menambahkan, pihaknya mengajak masyarakat Kota Blitar untuk melaksanakan adaptasi baru dari pandemi menuju endemi dengan prokes 3T dan vaksinasi. Ia memperkirakan, pada libur akhir tahun 2021 nanti bisa terjadi lonjakan kasus Covid 19, sehingga masyarakat harus mewaspadainya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat, meski telah beraktivitas normal seperti sedia kala. 

"Diperkirakan nanti pada libur panjang akhir tahun 2021, bisa saja terjadi kenaikan kasus Covid 19. Oleh karena itu masyarakat harus waspada dan melaksanakan adaptasi baru dari pandemi menuju endemi, sehingga kalau sudah siap insyaalloh tidak akan terjadi lonjakan kasus," imbuhnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00