Kota Blitar Masuk PPKM Level 1, Hajatan Boleh Digelar dengan Prokes Ketat

KBRN, Blitar : Kota Blitar menjadi salah satu daerah di Jawa Timur yang baru saja berhasil meraih status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 berdasarkan assesmen Kemenkes. Seiring menurunnya tingkat level PPKM, beberapa kelonggaran dalam aktifitas warga juga diberikan pemerintah.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Blitar, Priyo Suhartono membenarkan hal itu. Menurut Priyo, secara bertahap pihaknya mulai melonggarkan aktivitas masyarakat, mulai dari pariwisata hingga acara hajatan pernikahan. 

"Alhamdulillah berdasarkan assesmen dari Kemenkes Kota Blitar menjadi salah satu daerah yang masuk pada level satu untuk status PPKM nya, sehingga beberapa aktivitas masyarakat dilonggarkan," terang Priyo, Senin (27/09/2021). 

Diakui Priyo, di situasi PPKM level 1 acara hajatan pernikahan sudah diperbolehkan, namun tetap secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Selain itu, tamu undangan yang hadir tidak boleh lebih dari 50 orang, artinya tetap ada pembatasan. 

"Acara hajatan sudah kami perbolehkan, namun tetap dengan terbatas dan prokesnya harus ketat, itu wajib," kata dia. 

Selain acara hajatan, Pemerintah Kota Blitar juga memperbolehkan warung makan, restoran dan lainnya melayani makan di tempat dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

"Satu lagi soal warung makan sudah kami perbolehkan untuk melayani makan ditempat," tegas dia. 

Meski sudah ada kelonggaran aktivitas masyarakat, Sekda Kota Blitar Priyo Suhartono mengingatkan kepada warga agar tidak terlena atau euforia terkait status PPKM di level 1. Ia meminta masyarakat tetap patuh terhadap protokol kesehatan. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00