BPCB Jatim Lakukan Survey Lanjutan pada Temuan Struktur Batu Kuno di Karangtengah Kota Blitar

KBRN, Blitar : Beberapa waktu yang lalu struktur bata kuno kembali ditemukan di Kota Blitar. Kali ini struktur bata yang diduga bagian dari bangunan masa lampau itu ditemukan di Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

Menindaklanjuti temuan tersebut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar telah menghubungi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Jawa Timur. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar Tri Iman mengatakan, mulai hari ini Senin (20/09/2021) hingga Jum'at (24/09/2021) BPCB Jawa Timur menerjunkan beberapa petugas untuk melakukan survei lanjutan di lokasi tersebut. 

"Alhamdulillah, mulai hari ini BPCB jatim telah menerjunkan petugas nya untuk melakukan survei lanjutan di temuan struktur Batu Kuno yang terletak di Kelurahan Karangtengah, Sananwetan Kota Blitar. Rencananya, survei lanjutan ini akan dilakukan selama empat hingga lima hari kedepan," ucapnya, Senin (20/9/2021). 

Dijelaskan Tri Iman, tujuan dilakukan survei lanjutan ini untuk melihat potensi apakah temuan struktur Batu Kuno ini perlu dilakukan eksvakasi atau tidak. Sebab, temuan tersebut diduga merupakan cagar budaya, selain itu jika dilihat dari struktur Batu Kuno tersebut terlihat seperti struktur dari sebuah bangunan. 

"Tujuan dilakukan survei lanjutan ini untuk memastikan apakah perlu dilakukan eksvakasi atau tidak, dan nanti yang memutuskan itu dari pihak BPCB," tegas dia. 

Tri Iman menambahkan, sebelumnya BPCB menjanjikan survei lanjutan ini dilakukan setelah libur lebaran idul fitri. Namun, baru bisa terlaksana saat ini. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00