Hari Ini, Pendaftaran BPUM Tahap III di Kabupaten Blitar Dibuka

KBRN, Blitar : Pemerintah kembali membuka pendaftaran program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) tahap ketiga. Hibah sebesar Rp 1,2 juta per orang tersebut diberikan sebagai bantuan untuk mendorong ekonomi masyarakat pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak langsung oleh pandemi Covid-19. 

"Saat ini Pemerintah kembali membuka pendaftran BPUM tahap ketiga. Hibah senilai Rp 1,2 juta per orang bakal diberikan kepada masyarakat yang memiliki usaha mikro, ini sebagai salah satu upaya mendorong ekonomi yang sampai sekarang terdampak akibat pandemi," jelas Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Blitar, Ulfie Zulfiqoh, Senin (2/8/2021).

Ia mengatakan, pendaftaran BPUM tahap ketiga dibuka sekitar sepekan, mulai 2 - 9 Agustus 2021. Untuk syarat dan lain-lain masih sama dengan tahap sebelumnya. Diantaranya pendaftaran dilakukan secara kolektif di kantor desa/kelurahan. 

"Pendaftaran dimulai hari ini hingga seminggu kedepan. Untuk syarat masih sama dengan sebelum nya, yakni mengumpulkan berkas ke kantor desa/kelurahan," terangnya. 

Diakuinya, apabila berkas sudah terkumpul, maka pihak perangkat akan mengumpulkan ke kantor Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Blitar. Kemudian kewenangan untuk menentukan yang akan mendapat bantuan menjadi kewenangan pemerintah pusat.

"Kalau berkas sudah terkumpul maka akan dikumpulkan lagi ke Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, baru kemudian yang menentukan akan mendapat bantuan atau tidak itu menjadi kewenangan pemerintah pusat," katanya. 

Ulfie menambahkan, pengusulan ke pemerintah pusat dikhususkan bagi pelaku usaha mikro yang belum mendaftar. Diharapkan masyarakat pelaku usaha mikro bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk mengikuti program tersebut.

"Pengusulan ini dikhususkan bagi pelaku usaha yang sebelumnya belum pernah mendaftar program ini," imbuhnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00