Puluhan Koperasi di Kota Blitar Diusulkan Untuk Dibubarkan

KBRN, Blitar : Puluhan koperasi di Kota Blitar sudah diusulkan untuk dibubarkan tahun ini. Koperasi itu dinilai sudah tidak aktif dan sulit ditemukan alamatnya. 

Demikian dikatakan Siti Mutmainah, Kepala Bidang Pemberdayaan Koperasi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Blitar. Ia menjelaskan, jumlah koperasi saat ini mencapai 279 unit. Sedangkan yang tidak aktif 35 unit. 

"Karena memang kondisi koperasi itu sudah tidak aktif dan sulit ditemukan keberadaannya, akhirnya kita usulkan untuk dibubarkan, dari jumlah toal ada 279 unit, 35 unit lainnya dalam kondisi tidak aktif," jelasnya, Senin (2/8/2021).

Ia mengakui, pihaknya juga telah mengusulkan pembubaran koperasi sebanyak 62 unit. Keputusan pengusulan pembubaran itu tidak serta merta langsung dilakukan. Namun sudah melalui kunjungan langsung dilapangan, dimana pihaknya kesulitan mencari alamat hingga kontak yang bisa dihubungi. Setelah diberikan surat dan diumumkan melalui media tetap tidak ada respon, maka dilakukan koordinasi dengan lurah serta camat. Akhirnya diputuskan untuk diusulkan dibubarkan.

"Kita juga sudah mengusulkan pembubaran koperasi sebanyak 62 unit. Keputusan ini diambil karena kita juga sudah melakukan survei lapangan dan mencari alamat namun sulit ditemukan, kita juga mencoba menghubungi namun juga tidak bisa, akhirnya diputuskan untuk dibubarkan," ungkapnya. 

Siti berharap kedepan seluruh koperasi di Kota Blitar mengikuti era digitalisasi. Sebab persaingan di lembaga keuangan saat ini semakin ketat. Sehingga harus mengikuti perkembangan IT.

"Kami berharap, seluruh koperasi yang ada saat ini bisa mengikuti era globalisasi, karena persaingan di lembaga keuangan semakin ketat," imbuhnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00