Hobi Merawat Bunga?, Ternyata Manfaatnya Sangat Baik untuk Kesehatan Mental

Warga merawat dan menata tanaman hias di salah satu tempat penjualan tanaman hias Desa Alue Raya, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Sabtu (14/11/2020). Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) berupaya dan memacu inovasi varietas unggul tanaman hias guna mendongkrak kualitas dan volume ekspor sekaligus menambah devisa Negara. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/hp.

KBRN, Makassar : Beberapa bulam terakhir khususnya selama masa pandemi virus corona atau COVID-19 sejumlah masyarakat mulai hobi dan tertarik untuk merawat bunga. Merawat tanaman atau bunga tak sekadar mempercantik ruangan dan memberi sentuhan warna, tapi juga dapat membersihkan udara yang kamu hirup, membantumu tidur lebih nyenyak.

Selain itu, dengan merawat bunga ini bahkan mengusir nyamuk yang mengganggu. Namun sudahkah kamu tahu bahwa kegiatan ini juga bagus untuk kesehatan mental.

Mengutip pernyataan Samantha Patricia, pilot asal Filipina dalam episode My Day with Cosmo, mengatakan merawat tanamannya kapanpun ia merasa anxious atau stres, terutama akibat pandemi. Sudah pasti ia tidak sendiri—semakin banyak orang mulai membeli tanaman dan berkebun selama mengisolasi diri di rumah sebagai cara 'bertahan'. 

Berikut ini adalah cara tanaman hias mampu membantu membebaskan kita dari rasa sedih dan jenuh:

Menurut sebuah studi dari University of Hyogo di Jepang, memiliki tanaman di area kerjamu bisa mengurangi tingkat stres. Dalam eksperimen tersebut, para peserta diminta untuk mencatat nadi mereka sebelum dan setelah melihat tamnaman dan mengisi formulir yang mengukur kondisi psikologis dan level kecemasan masing-masing. 

Lebih dari 27 persen peserta memiliki denyut nadi yang jauh lebih rendah dan tingkat kecemasan pun berkurang. Jadi, lain kali kamu sedang bekerja keras, istirahatlah dengan merawat tanaman atau bahkan hanya menatapnya saja. Rasa lelahmu bisa berkurang dan tingkat konsentrasimu bisa bertambah.

Salah satu manfaat yang dihadirkan tanaman adalah membantu konsentrasi kita. Menurut sebuah studi, ditemukan bahwa memiliki tanaman di area kerja bisa meningkatkan kreativitas, perkembangan ide, dan level fokus. So kalau kamu sedang merasa kurang terinspirasi, menambahkan beberapa tanaman mini di meja tulis bisa menjadi dorongan mental yang kamu butuhkan.

Merawat tanaman atau bahkan hanya memandagnya membuat pikiran Cosmo lebih tenang dari sebelumnya—apakah kamu mengalami hal yang sama? Dan sains pun setuju: sebuah studi Jepang dari tahun 2010 meneliti shinrin-yoku atau "mandi hutan", alias menghabiskan waktu di alam bebas, dan menyimpulkan bahwa kegiatan tersebut bisa menurunkan tingkat stres, mengurangi tekanan darah, dan membuat diri lebih relaks!.

Meski sekarang kebanyakan dari kita tidak berkesempatan untuk berpetualang di hutan untuk merasakan manfaatnya bagi kesehatan, tentu saja kamu bisa membawa alam lebih dekat dengan dirimu. Ini dia daftar tanaman indoor yang cocok untuk pemula dan mudah dirawat. Tanam, rawat, dan rasakan tingkat serotonin-mu meningkat. 

Selain mampu membantu konsentrasi, tanaman juga bisa membantu daya ingat. Tahukah kamu bahwa berada di sekitar tanaman bisa meningkatkan ingatan sebanyak 20 persen.

Jika belakangan ini kamu merasa lebih gelisah seiring berjalannya hari jangan khawatir, kamu tidak sendirian. Tanaman mampu menyediakan efek menenangkan selagi kamu merawatnya. Aktivitas ini dapat menjernihkan pikiran, membantu dirimu menghadapi anxiety.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00