Buroncong, Kudapan Khas Makassar yang Enak Dinikmati Saat Hujan

Buroncong. (Alfiprat)

KBRN, Makassar : Makassar terkenal dengan beragam kuliner mulai dari yang berat seperti coto, hingga camilan seperti jalangkote. Namun tidak banyak yang tahu, jika di Sulsel juga memiliki kudapan khas yang cocok dinikmati saat maupun setelah hujan turun.

Salah satu kudapan yang pas dinikmati setelah turun hujan yaitu buroncong. Buroncong merupakan penganan tradisional yang olahannya terbuat dari adonan tepung terigu dengan parutan kelapa. Kemudian dicetak dalam loyang setengah bulat. Sekilas mirip kue pukis dengan tekstur lebih lembut.

Kue buroncong di daerah lain sejenis pancong atau bandros di daerah Jawa Barat. Kue ini ada yang dibuat manis dengan mencampurkan gula merah pada adonan.

Rasanya sangat gurih dengan krenyes parutan kelapa. Bagian luar sedikit keras atau sedangkan bagian dalamnya sangat empuk. Kue buroncong biasa dimakan sebagai menu sarapan. Cocok dimakan untuk teman minum kopi atau teh. 

Untuk menikmati kue ini, di beberapa sudut jalan di Makassar ada pedagangan yang menjualnya dengan menggunakan gerobak, dan dibuat saat ada pelanggan yang memesan kue.

Saat ini harga pasaran buroncong di Makassar dijual dengan harga Rp1.000 per buah. Kamu tak akan puas menyantapnya satu dua. Buroncong cocok dimakan hangat-hangat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00