Selain Segar, Ini Manfaat Luar Biasa Komsunsi Air Kelapa Pagi Hari

Air kelapa. (freepik)

KBRN, Makassar : Berdasarkan NDTV Food air kelapa tidak hanya sangat enak dikonsumsi dalam kondisi dingin dan cuaca panas. Air kelapa yang mengandung enzim serta mineral alami memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Air ini juga rendah kalori sehingga aman dikonsumsi oleh orang yang sedang diet.

Meminumnya dalam keadaan perut kosong di pagi hari, terlebih sebelum sarapan, dinilai dapat membantu meningkatkan kekebalan, memulai metabolisme, dan memfasilitasi penurunan berat badan.

Mengonsumsi sebelum makan juga akan membuat perut lebih kenyang, mencegah Anda makan secara berlebihan.

Melansir Healthline, sebuah penelitian terhadap hewan yang terpapar racun menunjukkan air kelapa mengandung antioksidan yang dapat mengubah radikal bebas sehingga tidak lagi membahayakan.

Studi lain terhadap tikus dengan kerusakan hati, menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada stres oksidatif yang disebabkan oleh banyaknya radikal bebas ketika diobati dengan air kelapa.

Penelitian terhadap tikus telah menunjukkan air kelapa dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan penanda kesehatan lain pada tikus penderita diabetes.

Studi terkait juga menemukan tikus yang diberi air kelapa memiliki kadar hemoglobin A1c yang lebih rendah, menunjukkan kontrol gula darah jangka panjang yang baik.

Meski air putih adalah pilihan yang bagus untuk mencegah batu ginjal, sebuah penelitian menunjukkan air kelapa mungkin lebih baik.

Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, oksalat, dan senyawa lainnya bergabung membentuk kristal di dalam urin. Kemudian, ini membentuk batu.

Dalam sebuah penelitian pada tikus dengan batu ginjal, air kelapa mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Ini juga mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urin.

Peneliti percaya bahwa air kelapa membantu mengurangi produksi radikal bebas yang terjadi sebagai respons terhadap tingginya kadar oksalat dalam urin.

Namun, ini adalah studi pertama yang meneliti efek air kelapa terhadap batu ginjal. Penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00