Mahasiswa Nigeria dan Filipina Tertarik Belajar Tarian Bugis Makassar

Mahasiswa asal Filipina tertarik belajar tarian Bugis Makassar

KBRN, Makassar : Pada penyelenggaraan International Culture Program (ICP) Universitas Hasanuddin hari keempat, para peserta yang berasal dari 18 negara belajar tarian tradisional Bugis-Makassar. Kegiatan iniberlangsung secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting.

Hadir sebagai narasumber Nur Fadillah yang memperkenalkan tarian tradisional Sulawesi Selatan, sekaligus mengajarkan para peserta mengenai tarian tersebut. Turut membantu presentasi dan perkenalan secara virtual adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Tari Unhas.

Nur Fadillah menjelaskan mulai dari gerakan hingga pakaian yang digunakan. Para peserta antusias mengikuti materi dan ikut mencontoh tarian yang diajarkan oleh instruktur.

Salah satu peserta yang berasal dari Nigeria, Rahama Abdulrasheed, mahasiswa Bayero University Kano mengatakan tarian tradisional Bugis Makassar sangat indah dan anggun serta didukung oleh pakaian tradisional yang menambah keindahan. 

“Meskipun tarian yang dicontohkan terlihat sulit untuk diikuti, namun tetap tertarik untuk mencobanya,” kata Rahama.

Peserta lain juga memberikan tanggapan mengenai materi tersebut, Irish Nicolete A. Bayanin asal Filipina, mahasiswa Lyceum of the Philippines University-Batangas.

Irish menyampaikan kekaguman atas tarian Bugis-Makassar yang gemulai, serta para penarinya yang terlihat sangat cantik dan anggun. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00