Bukan Kemanan, Ini Alasan Polisi Sarankan Debat Ketiga di Luar Makassar

Kepala Polrestabes Makassar Kombes Pol Witnu Urip

KBRN, Makassar : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar akan melangsungkan debat kandidat putaran ketiga pada Jumat (04/11/2020) mendatang. Debat ketiga kembali akan berlangsung di Jakarta seperti debat kandidat putaran pertama dan kedua.

Kepala Polrestabes Makassar Kombes Pol Witnu Urip Laksana mengatakan, pihak KPU Kota Makassar sebenarnya telah memohon untuk pelaksanaan debat ketiga berlangsung di Makassar, akan tetapi pihak kepolisian memiliki pertimbangan sehingga tidak ada izin keluar pelaksanaan debat berlangsung di Makassar.

“Bukan soal keamanan, pertimbangan pertama yakni berkaitan dengan COVID-19. Saya tegaskan, bahwa keselamatan jiwa masyarakat adalah hukum yang tertinggi saat ini,” kata Witnu, Selasa (01/12/2020).

Witnu menambahkan, jika debat publik ini dilakukan di Kota Makassar Ia prediksi akan terjadi mobilisasi massa dan tercipta kerumuman di lokasi debat, mungkin jika di dalam ruangan aman-aman saja sesuai diatur oleh PKPU, tetapi bagaimana di luar tempat debat?.

“Terumata dalam hal menjaga jarak dan memakai masker dan berkerumun. Kita khawatir akan terjadi klaster di sana,” ujar Witnu.

Alasan lain Polrestabes Makassar merekomendasikan KPU menggelar debat ketiga di luar Makassar ialah aspek keamanan. Kerumunan massa yang diprediksi akan terjadi akan mengancam keamanan.

"Mungkin saja bisa terjadi bentrokan, aksi gesekan. Ini harus kita hindari karena kita mengelola seluruh tahapan kampanye. Dan hingga debat kedua (Pilwalkot) Makassar sangat kondusif, jangan sampai debat ketiga justru ada masalah dampak kesehatan," jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00