Bawa Atribut KKB Saat Demonstrasi, Mahasiswa di Sinjai Diamankan Polisi

Mahasiswa yang ditangkap aparat kepolisian Polres Sinjai. (Dok Polres Sinjai).

KBRN, Makassar : Sebanyak 15 orang mahasiswa di Kabupaten Sinjai yang tergabung dalam Gerakan Solidaritas Papua (GSP) diamankan oleh pihak kepolisian karena berunjuk rasa dengan membawa atribut Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Sejumlah mahasiswa ini melakukan aksi unjukrasa di Bundaran Tugu Bambu, Sinjai, pada Selasa (1/12/2020).

“Yang diamankan ada 15 orang dan sedang dimintai keterangan lanjut. Dari 15 yang diamankan terdapat satu orang perempuan,” kata Kapolres Sinjai AKBP Iwan Irmawan kepada wartawan.

Iwan mengatakan, saat mereka baru mulai melaksanakan demo, langsung diamankab dan juga tidak ada perlawanan. Karena apa yang dilakukan oleh meraka ini  tidak sesuailah gerakan mereka, kata Iwan apa yang dilakukan mahasiswa ini saangat sensitif sekali.

“Selain mengamankan turut diamankan juga alat peraga berupa microphone, spanduk dan banner tentang Papua Merdeka atau Free West Papua itu kita amankan juga ke Polres," jelasnya.

Sampai saat ini, sejumlah mahasiswa ini masih menjalani pemeriksaan. Setelah dilakukan pemeriksaan polisi akan memanggil para orang tua dan wakil rektor bagian kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Sinjai, tempat para mahasiswa tersebut kuliah.

"Jadi mungkin habis di-BAP semua dipanggil orang tuanya, dipanggil rektor atau juga wakil rektor kemahasiswaan, nanti mau diceramahi dulu sama wakil rektornya tentang wawasan kebangsaan dulu lah, Papua itu bagian dari Indonesia," jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00