Apkasindo Perjuangan Dorong Kejati Sulbar mengusut Replenting Tahun 2020 dan 2021

KBRN, Mamuju : Apkasindo Perjuangan Sulawesi Barat mendorong Kejaksaan Tinggi Sulawesi Barat juga mengusut kasus dugaan pelanggaran program premajaan atau replenting kelapa sawit di Pasangkayu dan juga Mamuju Tengah tahun 2020 dan 2021. 

" kami mengapresiasi atas kinerja Kejati Sulbar dalam mengusut kasus Replenting baik yang ada di Pasangkayu maupun di Mamuju tengah. Tapi kami berharap agar Kejati Sulbar bukan hanya mengusut Program tahun 2019 tapi juga ditahun 2020 dan 2021 karena disini memiliki anggaran yang besar hingga ratusan miliar," tegas Ketua Apkasindo Perjuangan Mamuju Tengah, Sopliadi, 17 Juni 2022. 

Sopliadi juga mendorong agar Kejaksaan Tinggi Sulawesi barat memeriksa pihak pihak lain yang terlibat. Karena ada dugaan ada pemain besar yang ikut dalam program replenting di Pasangkayu maupun di Mamuju Tengah. 

" kami berharap agar proses hukum berjalan sesaui dengan koridor atau sesuai dengan asas - asas hukum yang berlaku.  Karena sampai saat ini, diduga kejati hanya menangkap beberapa termasuk kelompok tani dan tentunya banyak kelompok kelompok lain. Terutama diluar dari pada kelompok tani baik yang tergabung dalam koperasi atau kelompok2 masyarakat ikut dalam program PSR ini. Diluar dari itu diduga ada pemain pemain besar yang memainkan peran ini sehingga berjalannya prggran ini keluar dari regulasi yang ada," katanya.

Soliadi mengaku bahwa dalam program PSR banyak dugaan permasalahan yang terjadi yang harus diusut secara tuntas. 

" dilapngan ini kami sudah banyak melihat masalah terutama proses pembibitan, penebangan. Ada beberapa masalah yaitu pembukaan lahan baru dan banyak diduga masuk dalam kawasan hutan lindung," tutupnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar