Amiruddin: Pentingnya Sinergitas Bawaslu dan Kepolisian

KBRN, Maros : Anggota Bawaslu Kabupaten Maros, Amiruddin mengungkapkan pentingnya peran kepolisian dalam setiap penyelenggaraan Pemilu/Pemilihan di Indonesia, utamanya dalam melakukan pengamanan pada setiap tahapan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada agar penyelenggaraan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Tidak hanya dari sisi pengamanan, kepolisian juga mengambil peran dalam penyidikan tindak pidana pemilu yang tergabung dalam Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) bersama dengan Bawaslu dan Kejaksaan Republik Indonesia.

"Kepolisian adalah mitra strategis Bawaslu dalam banyak hal, termasuk dalam penanganan tindak pidana pemilu secara terpadu dan terkoordinasi," ujarnya di sela kegiatan perayaan Hari Bhayangkara Ke 76, di Markas Kepolisian Resor Maros,Jl. Jend. Ahmad Yani No. 2, Turikale, Kabupaten Maros, Selasa (05/07/2022)

"Dirgahayu Bhayangkara ke 76, semoga kemitraan dan sinergitas Bawaslu dan Kepolisian semakin ditingkatkan, demi tercapainya penegakan hukum tindak pidana pemilu secara cepat dan sederhana serta tidak memihak," ungkap Amiruddin.

Lanjut, Kordinator Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa itu menjelaskan, saat ini Bawaslu tengah melakukan pemetaan kerawanan dalam tahapan Pemilu 2024 yang nantinya akan banyak melibatkan pihak Kepolisian untuk menjangkau titik yang berpotensi terjadi pelanggaran.

“Dalam waktu dekat Bawaslu akan banyak berinteraksi dengan Kepolisian untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi pelanggaran selama tahapan Pemilu. Untuk itu, kami berharap dapat terjalin komunikasi yang baik dan Pemilu 2024 dapat terselenggara dengan aman, lancar dan damai," pungkasnya.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar