KPU Makassar Kembali Sosialisasi Pentingnya Pemilu dan Pemilu Serentak

KBRN, Makassar : Terus konsisten melakukan pendidikan pemilih, KPU Makassar melalui Program Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan (KP3) sudah memasuki angkatan ke-11, Rabu (18/5/2022).

KP3 kali ini dilaksanakan di Hotel Karebosi Primer Makassar yang difasilitasi oleh Kesbangpol Kota Makassar dan dihadiri oleh kader KP3 dan tokoh masyarakat Kecamatan Makassar.

Sebagaimana sebelumnya, kali ini KP3 Menghadirkan tiga Komisioner KPU Kota Makassar sebagai pemateri antara lain, M. Faridl Wajdi (Ketua KPU kota Makassar), Romy Harminto (Kordiv Perencanaan, Data, dan informasi, dan Endang Sari (Kordiv Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Parmas ).

Materi pertama hari ini terkait politisasi SARA dan ancaman Keberagaman dibawakan oleh Romy Harminto, ia memaparkan bahwa bangsa indonesia adalah negara yang besar dan majemuk, banyaknya perbedaan ini sangat rentan menimbulkan konflik, utamanya gesekan  mengenai agama, hal tersebut membuat pentingnya kehadiran Tokoh Masyarakat dalam mencegah konflik terjadi serta kedewasaan masyarakat dalam memaknai perbedaan dan aktivitas politik. "Ujar Komusioner KPU Makassar Endang Sari.

Kemudian materi kedua,  Demokrasi, pemilu, dan partisipasi dibawakan oleh Endang Sari, ia menyampaikan demokrasi merupakan perwujudan dari kedaulatan rakyat, demokrasi yang baik yaitu pelibatan masyarakat seluas-luasnya dalam pengambilan kebijakan, tentunya melalui gelaran pemilu yang merupakan mekanisme untuk mendapatkan legitimasi kekuasaan pada sebuah pemerintahan. Ia jugamenyampaikan kurangnya partisipasi masih menjadi masalah dalam gelaran pemilu di makassar, maka diharapkan masyarakat bisa membantu kami di KPU untuk meningkatkan partisipasi dalam gelaran pemilu. " Ujarnya.

Materi terakhir persiapan menghadapi pemilu dan  pemilihan serentak 2024, ia menyampaikan bahwa Pasal 201 ayat (8) UU No.6 Tahun 2020 menyatakan : "Pemungutan suara serentak nasional dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota di seluruh wilayah NKRI dilaksanakan pada November 2024". Sehingga persiapan pemilu dan pemilihan  itu sudah di mulai dari sekarang dan bantuan dari masyarakat untuk,  menyukseskan pemilu, karena di 2024 merupakan pemilu dan pemilihan yang sangat sibuk di karenakan kegiatan tersebut dilakukan serentak. Tentunya keterbukaan informasi seluas-luasnya kepada publik mengenai pemilu merupakan hal yang kami pastikan terwujud dengan baik. "Cetus Endang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar