Terpilihnya Desa Mallari dan Bulu- bulu sebagai Desa Maju dan Mandiri KPU Bone: Harus Menjadi Contoh.

KBRN, Bone :Dalam Pembentukan Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan Tahun 2021 Desa Mallari Kecamatan Awangpone dan Bulu-bulu Kecamatan Tonra telah Terpilih menjadi Desa Maju dan Mandiri (DMDM).

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bone Izharul Haq menyampaikan bahwa terpilihnya ke dua Desa tersebut  agar bisa menjadi contoh di 326 desa lainnya yang ada di Kabupaten Bone.

"Untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat tentang kepemiluan harus ada yang menjadi contoh yang peduli  terhadap Pemilu dan Pemilihan agar menumbuhkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan masyarakat tentang Pemilu dan Pemilihan dalam rangka memperkuat basis penerimaan, dukungan, partisipasi dan kepercayaan masyarakat terhadap mekanisme Pemilu sebagai instrumen utama sistem politik demokrasi" ungkapnya, (Selasa/03/8/21)

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bone Andi Gunadil Ukra, bahwa Kepedulian masyarakat sebagai warga negara dalam konteks Pemilu dan Pemilihan akan menggiring mereka untuk aktif. Keaktifan tersebut tidak hanya sekedar berpartisipasi pada saat pemungutan suara, tetapi juga aktif pada seluruh tahapan Pemilu dan Pemilihan diberbagai level. Keaktifan ini akan membentuk sebuah tiang penyangga yang kuat dalam kesuksesan pemilu dan lebih jauh lagi terhadap penguatan demokrasi maupun pembangunan daerah.

"Sebuah desa dikatakan peduli Pemilu dan Pemilihan, bukan hanya diukur secara kuantitatif yaitu berdasarkan angka partisipasi pemilih pada Pemilu dan Pemilihan di berbagai level tetapi juga secara kualitatif. Terutama dalam membuat pilihan politik, masyarakat secara sadar mengedepankan kemandirian dan rasionalitasnya" tuturnya.

Terpilihnya Desa Mallari dan Bulu - bulu sebagai Desa Maju dan Mandiri, diharapkan mampu memberikan Dampak tingkatan sosial yang lebih besar, sehingga Partisipasi Masyarakat lebih luas dalam hal Pemilu dan Pemilihan Secara Mandiri da Rasional dapat di capai. (SA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00