Sekprov Sulsel Hayat Gani Resmi Membuka Turnamen Sepak Bola Wanita

KBRN, Makassar :  Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Abdul Hayat Gani membuka secara resmi Asosiasi Sepakbola Wanita Provinsi Sulawesi Selatan yang berlangsung di lapangan sepakbola Fakultas ilmu olahraga UNM Banta-bantaeng, Jumat 22 Oktober 2021.

Dalam sambutannya, Abdul Hayat menyampaikan, bahwa dirinya mengapresiasi sekaligus menyambut baik terlaksananya pertandingan sepakbola wanita provinsi Sulsel. Semoga ini dapat menjadi ajang kompetensi bagi para pemain usia muda untuk menambah pengalaman bertanding sebagai awal menuju prestasi.

"Saya juga ingin mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat, pemerhati olahraga khususnya kepada Asprov Sulsel untuk berperan serta dalam menyukseskan prestasi para duta-duta olahraga, semoga duta olahraga di daerah mampu mengangkat harkat dan martabat serta membawa nama harum daerahnya dengan mempersembahkan prestasi terbaik bagi provinsi Sulsel," ujarnya.

Terakhir ia berharap agar kualitas lebih diperbaiki lagi supaya populasi yang ingin ikut serta lebih banyak untuk menjadikan Pemprov Sulsel ini lumbung juara nasional ke depan.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Andi Arwin mengatakan, bahwa kejuaraan ini adalah suatu tahapan sebelum menuju piala Pertiwi tingkat nasional. Karena semua Provinsi diwajibkan untuk melakukan kejuaraan Regional untuk kemudian satu diantara dari Regional nanti, mewakili provinsi Sulawesi Selatan untuk mengikuti piala Pertiwi tingkat nasional.

"Saat ini, bagian dari upaya pengurus Asosiasi Sepakbola Wanita untuk melakukan Talent Scouting mencari bakat-bakat para atlet-atlet yang potensial untuk mengisi formasi tim yang kuat untuk mewakili provinsi Sulawesi Selatan," katanya.

Sementara itu, Abdul Razak ketua Asosiasi Sepakbola Wanita Provinsi Sulawesi Selatan mengatakan, bahwa ini adalah program PSSI untuk diadakan sepakbola wanita. Dan ini adalah Piala regional untuk dipersiapkan di piala Pertiwi tingkat nasional yang diadakan di 8 Desember 2021 nantinya.

"Jadi, peraturan sekarang itu adalah tidak bisa ada tim-tim putra jika tidak ada juga tim wanitanya," ucap Abdul Razak.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa ini adalah perintah program dari PSSI untuk diadakan sepakbola wanita regional tingkat provinsi, yang menang di tim sini nanti mewakili nasional. Tapi, tidak menutup kemungkinan, sistemnya akan direkrut pemain-pemain terbaik untuk dikumpulkan menjadi satu tim untuk memperoleh pemain yang berkualitas yang siap pakai.

"Para pemain ini rata-rata dibawa usia 23 tahun. Dan kita adakan ini kabupaten/kota. Tapi, yang baru siap ada enam yakni Kota Makassar, Gowa, Jeneponto, Bone, Pangkep, Luwu, dan Sulawesi Selatan," ungkapnya.

Hadir dalam acara tersebut Rektor Universitas Negeri Makassar, Husain Syam, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Andi Arwin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00