Vaksin COVID-19 Akan Masuk Indonesia Pada Desember 2020 Tuai Kontraversi

Ilustrasi gambar vaksin covid-19

KBRN, Makassar : Pemerintah RI segera mematangkan rencana distribusi vaksin COVID-19 ke Indonesia, yang rencananya akan dilakukan pada  Desember 2020.

Dalam berbagai pemberitaan media, tenaga medis akan menjadi orang pertama yang mendapat pelayanan vaksin tersebut, ada juga yang menyebut jika tenaga guru dan dosen termasuk di dalamnya.

Hal inipun rupanya menuai pro dan kontra dikalangan masyarakat. Salah satunya Dokter Syukur, ia menyebut vaksin yang didatangkan pemerintah ini belum selesai tahap penelitian sehingga dikhawatirkan berdampak buruk pada relawan yang dicobakan vaksin tersebut.

``Kalau pemerintah berani membawa vaksin ke Indonesia kenapa bukan mereka yang duluan coba. Kenapa bukan anggota DPR , pemerintah dan pejabat lainnya," tutur dr Syukur.

Dikatakan vaksin yang diperoleh dari luar tersebut hingga kini masih dalam tahap uji coba,.

``itukan masih tahap uji coba sampai sekarang makanya tidak ada yang berani bilang kalau itu sudah vaksin covid. Nah , kalau tenaga kesehatan yang didahulukan apakah pemerintah siap tanggung resikonya kalau seluruh nakes kita kenapa - kenapa nantinya?" ungkap dr Syukur dengan nada geram saat dihubungi RRI, Sabtu (24/10/2020)

Hal senada juga disampaikan Mirdan Mirdin, selaku Kepala Sekolah di salah satu Sekolah menengah atas di Kota makassar, ia menilai vaksin yang diberikan kepada tenaga pendidik ini harus dijamin kemanannya agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

"Kalau saya menilai bisa saja ya asal vaksinnya itu sudah jelas kehalalannya, kandungannya juga sudah melalui uji coba yang valid dan mengandung bahan yang tidak berbahaya bagi tubuh manusia," ungkap Mirdan.

Ia menambahkan, jika persyaratan tersebut telah terpenuhi tentunya diharapkan dapat mengurangi dampak COVID-19 di tengah masyarakat lewat pemberian vaksin tersebut, sehingga tidak ada lagi klaster baru khususnya dari dunia pendidikan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00