Dokumen Pelengkap Geopark Maros-Pangkep Rampung Sebelum November

Kawasan geopark Maros-Pangkep. (unsplash)

KBRN, Makassar : Pihak pengelolah Goepark Maros-Pangkep menyebut dokumen yang dibutuhkan untuk melengkapi persyaratan untuk bergabung dalam Geopark UNESCO telah rampung sekitar 85 peraen. Cepatnya progres pelengkapan persyaratan juga ditargetkan akan rampung sebelum memasuki bulan November 2020 ini.

“Cepatnya perampungan berkas dokumen persyaratan tidak lepas dari peran aktif dari akademisi maupun pihak yang berkompeten dibidangnya,” kata General Manager Geopark Maros-Pangkep, Dedy Irfan, Selasa (20/10/2020).

Menurut Dedy, upaya menduniakan peninggalan prasejarah dan budaya yang ada di Maros dan Pangkep mendapat dukungan dari Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. Sebagai bentuk dukungan gubernur akan menyiapkan transportasi khusus untuk kedua lokasi wisata prasejarah yang masih dikenal di tingkat nasional.

“Dengan terdaftarnya di UNESCO Global Geopark maka ke depan Maros dan Pangkep bisa menjadi bagian dari destinasi wisata dunia,” ujarnya.

Dedy merasa optimis geopark Maros dan Pangkep bisa masuk destinasi dunia karena mendapat banyak dukungan utamanya dari pemerintah provinsi.

Diketahui sebelumnya badan pengelolah Geopark  Maros dan Pangkep telah mengajukan berkas permohonan kepada internasinal geoscience and geopark progremme (IGGP) UNESCO di Paris, Prancis. Geopark Maros dan Pangkep sendiri merupakan gugusan pegunungan kart yang terkebal akan kekayaan geologinya serta sarat akan sejarah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00