Karumkit Jala Ammari Lantamal VI Sosialisasikan Pencegahan Virus Corona.

KBRN, Makassar; Virus corona Wuhan atau coronavirus n-CoV novel masih menjadi perbincangan internasional. Pemberitaan terbaru mengabarkan, virus ini tidak hanya ditemukan di China, melainkan kasus serupa terjadi di beberapa negara lain seperti Singapura, Vietnam, Hong Kong, Thailand, Taiwan, Australia dan lainnya.

Menyikapi virus Corona  merupakan virus berbahaya,  Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut  Jala Ammari Lantamal VI Letkol Laut (K) dr Budi Santosa, Sp.p melaksanakan sosialisasi pencegahan virus Corona kepada personel Lantamal VI usai apel pagi Senin 27 Januari 2020 di lapangan apel Arafuru Mako Lantamal VI.

Menurut Letkol Laut (K) dr Budi Santosa, Virus Corona dideteksi pertama kali muncul di Wuhan, menyebabkan puluhan orang meninggal dan ratusan lainnya kini mendapatkan perawatan.

“Pada umumnya, virus ini tidak berbahaya, mereka hanya menyebabkan sakit pernapasan sedang seperti flu biasa”, kata Letkol Laut (K) dr Budi Santosa.

Dijelaskan, Nama virus corona diambil dari bentuknya yang menyerupai mahkota (corona) ketika dilihat di bawah mikroskop, beberapa jenis coronavirus memang bisa membawa bibit penyakit yang berbahaya dan mematikan, salah satunya adalah yang sedang menyebar di Wuhan Cina saat ini.

“coronavirus dapat menyebabkan gejala dari ringan hingga berat. Mulai dari demam biasa hingga sakit pernapasan yang akut. Terbukti bahwa selama ini pasien yang terjangkit mengeluhkan bahwa mereka merasakan demam yang berkelanjutan, batuk, sakit kepala, dan kesulitan untuk bernapas” ungkapnya

Dan untuk mencegah kata  virus corona masuk ke tubuh kita Karumkit Letkol Laut (K) dr Budi Santosa, disarankan beberapa langkah preventif pencegahan virus corona, Sering cuci tangan Anda dengan sabun dan air dengan bersih minimal 20 dtk, Cukup beristirahat, makan makanan bergizi, Perbanyak minum air putih dan istirahat yang cukup.

 “Jika merasakan gejala seperti flu, terutama dengan keluhan tambahan sesak nafas, segera periksa diri ke Dokter”,  saran Letkol Laut (K) dr Budi Santosa (sarif)

 

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00