Sudah Masuk Indonesia Mutasi Virus India dan Afrika

Seorang pria yang menderita penyakit virus corona (COVID-19) dihibur oleh putrinya saat ia menerima perawatan di dalam bangsal korban di sebuah rumah sakit di New Delhi, India, Sabtu (1/5/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Danish Siddiqui/WSJ/sa.

KBRN, Makassar : Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, mutasi virus Corona varian India dan Afrika Selatan sudah masuk ke Indonesia. Hal ini disampaikan Menkes Budi Gunadi di Kantor Presiden seperti yang tersiar di Youtube Sekretariat Presiden pada Senin (03/05/21). 

"Sudah ada mutasi baru yang masuk, yaitu mutasi dari India, ada dua insiden yang sudah kita lihat dua-duanya di Jakarta dan satu insiden untuk mutasi dari Afrika Selatan yang masuk, itu yang ada di Bali," jelas Menkes Budi Gunadi yang didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen Doni Monardo. 

Sebelumnya, Menkes Budi Gunadi mengatakan, sudah ada mutasi virus Corona dari Inggris yang masuk ke tanah air berjumlah 13 kasus. Menkes menjelaskan, mutasi-mutasi baru tersebut masuk dalam berbagai kategori atau disebut sebagai varian of concerned, mendapat perhatian serius dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

"Karena penularannya relatif lebih tinggi. Ini harus kita jaga, mumpung masih sedikit. Karena mereka pasti akan segera menyebar, karena penularannya relatif lebih tinggi daripada yang lain," tambah Menkes Budi menjelaskan. 

Menkes Budi Gunadi pun kembali mengimbau kepada mereka yag terinfeksi untuk segera melakukan isolasi mandiri, tetap disiplin protokol kesehatan, melakukan testing-tracing-treatment dari kontak di daerah sekitarnya dan juga tidak lupa memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Yang lebih penting sekali lagi, memakai masker, mencuci tangan, dan mejaga jarak," pungkas Menkes Budi Gunadi. 

Sebelumnya pada awal April lalu, Kemenkes mengumumkan temuan 10 kasus virus corona B117 di Indonesia. Temuan tersebut didapatkan secara berkala melalui metode Whole Genome Sequence (WGS). B117  ini merupakan varian corona yang berasal dari Inggris.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00