Tujuh Jendral di TNI Dimutasi, Ini Daftarnya

KBRN, Jakarta: Mutasi jabatan besar-besaran kembali terjadi di tubuh Tentara Nasional Indonesia (TNI). Kali ini Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto merombak 151 perwira tinggi (pati) TNI di tiga matra.

Keputusan ini tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/350/IV/2021 tanggal 26 April 2021 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Mutasi mencakup 81 Pati TNI AD, 46 Pati TNI AL dan 24 Pati TNI AU.

Termasuk dalam mutasi jabatan ini para pati yang bertugas di Kementerian Pertahanan (Kemhan) maupun lembaga di bawah kementerian yang dipimpin Prabowo Subianto tersebut. Selain rotasi, terdapat juga perwira yang mendapatkan promosi bintang. 

Mereka yang dimutasi antara lain Brigjen TNI Dwi Mastono, dari Sesitjen Kemhan menjadi Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjamin Mutu (LP3M) Universitas Pertahanan atau Unhan. 

Selanjutnya posisi Sesitjen Kemhan dipercayakan kepada Brigjen TNI Rahmat Triyono, yang saat ini menjabat Ir I Itjen Kemhan. 

Selain itu, perwira yang mendapatkan promosi antara lain Kolonel Inf Yovensius Rosarindarta. Kabid Evkat Mutu Diklat Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan ini mendapat tugas baru sebagai  Kapok Sahli Pangdam Jaya.

Rosarindarta akan menggantikan Brigjen TNI Wahyudin yang dimutasi sebagai Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun. Dengan penunjukan ini, praktis Rosanrindarta bakal pecah bintang alias berpangkat brigjen. 

Selain itu ada pula pejabat baru dari institusi lain yang kini ditugaskan di Kemhan yaitu Laksma TNI Bambang Irwanto, dari Kas Koarmada I menjadi Staf Ahli Bidang Keamanan Kemhan. 

“Mutasi jabatan dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis,” kata Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto, dikutip dari website resmi TNI, Senin (3/5/2021). 

Berikut pejabat Kemhan yang dirombak: 

1. Mayjen TNI Rizerius Eko H, dari Dosen Tetap Unhan menjadi Staf Ahli Bid Ekonomi Setjen Wantannas. 

2. Brigjen TNI Dwi Mastono, dari Sesitjen Kemhan menjadi Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjamin Mutu (LP3M) Unhan.  

3. Brigjen TNI Rahmat Triyono, S.E. dari Ir I Itjen Kemhan menjadi Sesitjen Kemhan. Kemudian,

4. Brigjen TNI Rosidin, dari Kapuslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan menjadi Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan. 

5. Laksda TNI Benny Rijanto Rudy S, dari Warek III Bid Kerja Sama Kelembagaan Unhan menjadi Dosen Tetap Unhan. 

6. Laksda TNI Dr. Suhirwan, dari Ketua LP3M Unhan menjadi Warek III Bid Kerja Sama Kelembagaan Unhan. 

7. Laksma TNI Arif Harnanto, dari Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan menjadi Kapuslitbang Alpahan Balitbang Kemhan.  

8. Kolonel Inf Sudi Prihatin dari Kasubdit Lingja Dit Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan menjadi Irter Itum Itjenad. 

9. Kolonel Inf Yovensius Rosarindarta dari Kabid Evkat Mutu Diklat Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan menjadi Kapok Sahli Pangdam Jaya.  

10. Kolonel Cba Gatot Murdiyantoro, dari Analisa Madya Bid Matra Darat Pusada Baranahan Kemhan menjadi Ir I Itjen Kemhan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00