Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Resmi Berlaku 1 Januari 2021, Peserta BPJS Minta Evaluasi

KBRN, Bone : Mulai 1 Januari 2021 iuran BPJS Kesehatan kelas III mengalami kenaikan iuran sebesar RP 16.500 dari sebelumnya RP 25.500 menjadi Rp 35.000 setelah mendapatkan subsidi dari pemerintah sebesar RP 7.000.

Kenaikan iuran ini dinilai sangat memberatkan bagi masyarakat yang memiliki penghasilan cukup rendah seperti yang diungkapkan wawan salah satu peserta BPJS Kesehatan kelas 3 di Kabupaten Bone.

"Kenaikan iuran BPJS Kesehatan kelas tiga ini tentu sangat memberatkan, karena penghasilan kami kecil. Mungkin pemerintah melihat kecil nominal kenaikannya tapi bagi kami itu cukup besar dan berat," ungkap, wawan kepada rri.co.id saat dimintai tanggapan terkait kenaikan Iuran BPJS Kesehatan, Senin (28/12/20).

Dia berharap, pemerintah dapat mengevaluasi kembali kebijakan kenaikan iuran ini sebelum ditetapkan. Sebab, kenaikan ini menurutnya sangat berpengaruh terhadap kelangsungan kehidupan sehari-harinya terlebih kondisi pandemi COVID saat ini yang sangat terpukul perekonomian masyarakat.

Lanjut, adapun pemerintah tetap memberlakukan kenaikan Iuran BPJS Kesehatan pada kelas III tersebut, maka pihaknya meminta pelayanan dan fasilitas yang diberikan ditingkatkan lebih baik seiring dengan naiknya iuran tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00