Komitmen Sektor Kesehatan, PT  Vale bantu peningkatan fasilitas Puskesmas di Morowali

KBRN, Marowali : PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) melanjutkan komitmennya di sektor kesehatan dengan menyerahkan bantuan ke Puskesmas Bahomatefe, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Kamis, (29/06/2022). Bantuan yang diberikan  berupa 10 unit pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC) diterima langsung oleh Kepala Puskesmas, Hartia.

Bantuan tersebut merupakan  bagian dari program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) sektor kesehatan di daerah sekitar lokasi pemberdayaan.Kepala Puskesmas Bahomotefe, Hartia menyampaikan apresiasinya atas kepedulian PT Vale terhadap fasilitas kesehatan di Bahomatefe.

"Kami sangat senang atas bantuan ini, apalagi saat ini  kami sedang melakukan persiapan re-akreditasi Puskesmas. Jelas kami butuh gedung, fasilitas, peralatan, dan lainnya yang terbaik," ungkapnya. 

Hartia, menyatakan selama ini  PT Vale telah banyak membantu peningkatan fasilitas kesehatan di kantornya. Dia menjelaskan tahap renovasi Puskesmas Bahomatefe akan dilakukan awal Juli ini. 

Dia menjelaskan, peningkatan kualitas, kapasitas dan mobilisasi pasien menjadi fokus dalam renovasi di Puskesmas bertipe rawat ini. Hartia menjabarkan saat ini pihaknya melayani 20 pasien perhari nya dan 6 ribuan pasien per tahunnya yang berasal dari Sembilan desa atau kelurahan.

Puskesmas Bahomotefe melayani Unit Gawat Darurat (UGD), Unit Rawat Inap, Poli Umum, Poli KIA/KB, Persalinan, dan Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS). Total ada 7 ruangan di sana di antaranya ruang persalinan, ruang NICU (neonatal intensive care unit)--tempat khusus perawatan bayi baru lahir. Khusus ruang rawat inap memiliki 6 tempat tidur. 

"Mudah-mudahan setelah direnovasi kita bisa memaksimalkan pelayanan kami. Apalagi kamar mandi ini, dulukan terbatas baru jauh dari ruang perawatan jadi pasien kesulitan. Nanti itu setelah direnovasi sudah ada kamar mandi di setiap ruang perawatan sehingga memudahkan pasien," ungkap Hartia.

Sementara itu, Senior Manager External Relation Blok Bahodopi, Asriani Amiruddin berharap proses renovasi yang rencananya dilakukan awal Juli tahun ini bisa lancar. Dia menjelaskan renovasi tersebut merupakan bagian program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di daerah sekitar lokasi pemberdayaan PT Vale. 

Desa Bahomatefe merupakan salah satu area pemberdayaan PT Vale di Blok Bahodopi. Pada 2009, PT Vale membangun Puskesmas di desa tersebut melalui program Community Development (Comdev). Ketika tahap konstruksi selesai pada 2010, PT Vale menyerahkan pengelolaan Puskesmas kepada Pemkab Morowali.

PT Vale berinisiatif merenovasi Puskesmas sebelum dihibahkan secara resmi. Rencananya, proses renovasi berlangsung pada pertengahan 2022 dan diprediksi selesai dalam waktu enam bulan.

"Kami berharap ketika tahap renovasi Puskesmas tuntas, Pemkab Morowali dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan, sehingga masyarakat semakin mudah mengakses fasilitas kesehatan," tutur Asriani.  (**)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar