Harga Sawit di Mateng Melorot ke 600 Rupiah

KBRN, Mamuju : Harga Tandang Buah Segar ( TBS ) kelapa sawit di Sulawesi barat terus melorot. Harga TBS Kelapa Sawit 600 hingga 700 rupiah dikalangan petani.

“harga buah kelapa sawit ditingkat petani sangat memperihantinkan, karena telah menyentu 600 rupiah hingga 700 rupiah,” kata Sekertaris Apkasindo Perjuangan Kabupaten Mamuju Tengah Muammar Muhajir, Sabtu, 25 Juni 2022

Muanmar mengatakan ketika harga TBS kelapa sawit terus mengalami penurunan maka petani tidak akan melakukan penen. Sehingga diharapkan ada Langkah yang dilakukan oleh pemerintah agar harga kelapa sawit dapat Kembali naik seperti sebelumnya.

“ banyak petani yang stres, mengeluh akibat turunya harga sawit yang signifikan, apalagi petani yang memiliki kredit atau pinjaman di bank,” katanya

Muammar juga mengatakan bahwa operasional petani sawit sangat tinggi sehingga sangat merugikan jika mengalami penurunan harga buah TBS seperti saat ini. Tingginya biaya panen, biaya angkut yang naik akibat antrian Panjang.

“ biaya angkut menuju pabrik sangat mahal karena antrian yang Panjang 2 hingga 3 malam baru bisa tembus dipembongkaran. Jika ini terus dibiarkan harga sawit terus mengalami penurunan maka dipastikan banyak petani tidak melakukan panen sawit” katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar