Komisaris Pelindo Dukung Mitra Binaan TJSL Regional 4

KBRN, Makassar : Komisaris PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Muchtar Luthfi Mutty bersama Tim Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Regional 4 melakukan kunjungan kepada mitra binaan sebagai bentuk kepedulian dan dukungan Dewan Komisaris kepada Usaha Kecil dan Menengah di lingkungan Perseroan.

Dalam kunjungan tersebut, Muchtar Luthfi mengunjungi mitra binaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo Regional 4, yakni Warung Makan Sederhana yang berada di Pantoloan, Sulawesi Tengah, UKM Gombara dan Jamu Kanjeng yang berlokasi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, serta Kelompok Nelayan Usaha Rumput Laut yang berada di Galesong, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. 

Kelompok Nelayan Usaha Rumput Laut yang dikunjungi merupakan mitra binaan Pelindo Regional 4 sejak 2017, bekerja sama dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM). Ketika itu, mereka mendapatkan bantuan pinjaman dana untuk kemudian dibelikan perahu guna mendukung usaha rumput laut yang mereka jalankan.

Selain mendapatkan bantuan berupa penyaluran pinjaman dana melalui PNM, kelompok nelayan yang terdiri dari 15 orang tersebut juga mendapatkan bimbingan dan pelatihan.

Dalam kunjungannya itu, Muchtar Luthfi juga mengadakan dialog langsung dengan para nelayan. Salah seorang nelayan di Galesong, Daeng Sibali mengatakan pihaknya sangat berterima kasih karena selama ini Tim TJSL Pelindo Regional 4 yang peduli dengan kehidupan nelayan, terutama yang berada di Galesong.

“Terima kasih, bantuan pinjaman dana yang diberikan sudah dibelikan perahu untuk mendukung usaha rumput laut yang selama ini kami jalani,” ujarnya.

Dia juga berterima kasih kepada Tim TJSL Pelindo Regional 4 yang bersinergi dengan PNM dalam memberikan mereka bekal berupa pelatihan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan setempat.

Muchtar Luthfi mengatakan, pihaknya sengaja melakukan kunjungan kepada mitra binaan untuk supaya bisa memberikan dukungan dan dapat berdialog secara langsung, sehingga pihaknya dapat mengetahui apa saja yang menjadi kendala selama ini.

“Selain untuk menciptakan hubungan yang selalu harmonis antara mitra binaan dengan perusahaan, kami juga ingin mendengarkan langsung apa saja kendala yang dihadapi UKM yang menjadi mitra binaan Pelindo,” tukasnya di sela-sela kunjungan kepada Kelompok Nelayan Rumput Laut di Galesong, beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Muchtar Luthfi bersama Tim TJSL Pelindo Regional 4 juga melakukan kunjungan ke pabrik yang memproduksi nugget dan roti miliki UKM Gombara, di mana UKM Gombara bersama Jamu Kanjeng adalah mitra binaan Pelindo Regional 4 yang merupakan sinergi penyaluran UKM melalui Universitas Hasanuddin pada 2021 lalu. 

Dia berharap, seluruh UKM yang menjadi mitra binaan TJSL Pelindo Regional 4 dapat merasakan manfaat dari bantuan yang diberikan, dan dapat mengembangkan usahanya sehingga menjadi lebih besar dan dapat menumbuhkan perekonomian di sekitarnya.(**)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar