DJPb Sulsel Support Pemkab Bantaeng Dalam Pengelolaan Keuangan Yang Baik

KBRN, Makassar : Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sulawesi Selatan kembali menjalin kerjasama dengan kepala daerah di Sulawesi Selatan.

Kali ini, DJPb Sulsel menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Banteng yang pelaksaannya di Ruang VIP Gedung Keuangan Negara II Lantai 1, Makassar pada hari Selasa, (22/06/2021).

Momentum tersebut diimplementasikan melalui peningkatan sinergi dan koordinasi diawali melalui penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (MoU) antara Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Selatan, Syaiful, dengan Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin.

Dalam sambutannya, Syaiful menyampaikan apresiasi atas capaian opini WTP atas LKPD Pemkab Bantaeng yang telah mempertahankan Opini WTP sebanyak 6 kali berturut-turut sejak LKPD tahun 2015 hingga tahun 2020.

"Kerjasama ini, sebagai langkah awal dalam mewujudkan komitmen bersama dan peningkatan awareness terhadap peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah dalam kerangka pengelolaan Keuangan Negara secara good governance" jelas Syaiful.

Lebih lanjut Syaiful menyampaikan peran strategis Dana Transfer dan Dana Desa untuk meningkatkan ruang fiskal dalam rangka pembangunan daerah.

“Karena itu, Pemkab Bantaeng perlu menyiapkan strategi terbaik untuk memastikan penyaluran Dana Transfer dan Dana Desa dapat diselesaikan lebih cepat dari target waktu yang ditetapkan,” harapnya.g

Syaiful juga menyampaikan beberapa progress capaian pelaksanaan anggaran sampai dengan 21 Juni 2021. Penyaluran Dana Transfer dan Dana Desa di Kabupaten Bantaeng telah mencapai Rp313,56 Miliar atau 40,71% dari pagu Rp770,20 Miliar. Realisasi tersebut terdiri dari Dana Bagi Hasil sebesar Rp7,65 Miliar atau 56,86% dari pagu Rp13,46 Miliar, Dana Alokasi Umum sebesar Rp226,28 Miliar atau 48,35% dari pagu Rp468,01 Miliar, DAK Non Fisik sebesar Rp50,66 Miliar atau 53,69% dari pagu Rp94,35 Miliar, DAK Fisik sebesar Rp1,86 Miliar atau 1,4% dari pagu Rp132,28 Miliar, dan Dana Insentif Daerahq (DID) sebesar Rp8,06 miliar atau 50% dari pagu Rp16,12 Miliar. Dana Desa sendiri telah realisasi sebesar Rp19,05 Miliar atau 41,43% dari pagu Rp45,98 Miliar.

Perkembangan realisasi DAK Fisik, Dana Desa dan Dana BOS dapat diakses oleh Bapak Bupati beserta jajaran Pemda dan Masyarakat pada Aplikasi MINASATA (Aplikasi Monitoring Dana Desa dan Transfer Daerah). 

Aplikasi tersebut berbasis Android yang dapat di unduh secara gratis pada Google Play Store.

Selain fokus terhadap percepatan penyaluran Dana Transfer dan Dana Desa, Kanwil saat ini memberikan perhatian penuh terhadap UMKM melalui sinergi dengan stakeholder seperti Pemda dan Perbankan serta Lembaga Keuangan Non-Bank melalui penyaluran KUR dan UMi. Sampai dengan 21 Juni 2021, di Kabupaten Bantaeng telah tersalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp83,18 miliar untuk 2.805 pelaku UMKM dan Pembiayaan UMi sebesar Rp3,43 Miliar untuk 961 pelaku usaha mikro.

Di akhir acara, Kepala Kanwil Ditjen 

Sementara, Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin mengapresiasi jalinan kerjasama yang terwujud pada hari ini.

"Yang pertama tentu hormat dan terima kasih kepada Bapak Kakanwil serta jajarannya yang hari ini, senantiasa membuka ruang bagi Pemkab Bantaeng yang sifatnya konsultatif serta pendampingan dalam tata kelola keuangan serta pemanfaatan anggatan yang diamanahkan kepada kami" jelas Ilham.

"Dan hari ini, kami telah menjadi bagian daripada proses keberlanjutan itu, dalam pemberian penguatan - penguatan kepada pemerintah agar bisa secara efektif dan efesien dapat pertanggungjawabkan dalam pengelola keuangan itu"lanjutnya.

Dikatakan kendati Pemkab Bantaeng telah mendapatkan penghargaan, namun kami perlu sekali didampingi.

"Kami jangan dilepas, kendati telah mendapatkan penghargaan. Kami meminta penguatan pada sektor lain terutama dalam pengelolaan keuangan  yang baik terutama di tengah pandemi Covid-19" harap Ilham

Selain raihan WTP, Pemkab Banteng juga mendapatkan penghargaan sebagai penyalur alokasi dana Desa tercepat di tahun 2020.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00