Pemprov Akan Kembangkan Pelabuhan Daratan di Dua Daerah

Kepala Dinas Perdagangan Sulsel Ashari Fakhsirie Radjamilo

KBRN, Makassar: Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, siap mengembangkan pelabuhan daratan atau dry port di dua daerah Jeneponto dan Barru. 

Untuk saat ini, Jeneponto akan dibangun di kampung Boyong dengan luas lahan 2 hektar sebagai tahap awal.

Kepala Dinas Perdagangan, Provinsi Sulsel Ashari Fakhsirie Radjamilo mengatakan bahwa pembangunan hub pelabuhan daratan, dengan melibatkan tiga pihak yaitu Pemprov Sulsel, Pelindo IV dan Pemkab Jeneponto.

"Tahun ini, kita akan bangun dry port bagian selatan. Diharapkan nantinya ini akan menjadi titik tumbuh ekonomi baru, modelnya akan seperti di Cikarang, Jakarta" kata Ashari.

Dari 2 hektar ini, nantinya dapat menampung 600 kontainer. "Jeneponto akan menjadi hub di sana dan melayani daerah dari Sinjai, Bulukumba,  Bantaeng, Jeneponto, Takalar , Kepulauan Selayar. Jadi semua barang yang akan di ekspor ke luar tidak boleh lagi masuk di sini (Makassar), dari sana langsung dibawa dan menjadi tanggung jawab mereka (Pelindo,red) untuk mengangkut barang," jelas Ashari.

Ashari mengungkapkan, selain Jeneponto untuk di bagian utara akan di tunjuk nantinya Barru melayani Pangkep, Pinrang, Enrekang, Toraja dan Sidrap.

"Habis lebaran rencananya akan kami bahas lagi untuk Barru," paparnya

Namun, ia menyatakan bahwa nantinya untuk pengembangan pelabuhan darat ini masih akan dilakukan kajian dengan mengundang pakar, kadis perhubungan dan stakeholder yang lain terkait kelayakan pembangunannya.

"Masih akan dikaji nanti, dengan mengundang stakeholder terkait mengetahui layak tidaknya lokasi sebut," jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00