Harga Gas 3 Kg Tembus Rp22 Ribu di Pengecer, Pedagang Kaki Lima Mengeluh

Seorang pria berdiri di dekat deretan tabung gas Elpiji ukuran tiga kilogram milik warga di Pangkalan Gas SPBU Pasifik, Tegal, Jawa Tengah, Senin (1/3/2021). Menurut PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, warga banyak yang membeli di pangkalan itu karena pedagang menjual gas Elpiji tiga kilogram dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp15.500 per tabung atau lebih murah dibandingkan harga di pengecer lainnya. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/wsj.

KBRN, Makassar : Harga tabung gas tiga kilo gram mengalami kenaikan hingga Rp2 ribu per tabung dari harga Rp16500 penjualan di Pangkalan menjadi Rp18500 rupiah.

Naiknya harga tabung gas ini membuat keuntungan para pedagang kaki lima berkurang terutama pedagang gorengan dan penjual bakso gerobak.

Seperti dialami Nurdin penjual Bakso di jalan Sungai Klabat Makassar, harus membeli tabung gas tiga kilo gram seharga 21 ribu hingga 22 ribu rupiah di penjual eceran.

"Harga tabung gas naik, tapi tidak bisa menaikkan harga jualan dan tidak mengurangi porsinya agar tetap laku walapun keuntungannya berkurang," kata Nurdin.

Sementara pemilik Pangkalan Gas tiga kilo gram di Jalan Gunung Merapi Makassar, Haji Hamid  kepada RRI mengatakan kenaikan tidak membuat warga keberatan karena merupakan kebutuhan utama.

Namun Haji Hamid mengeluhkan masih ada usaha klasifikasi indusri membeli tabung Gas di Pangkalan lain yang merupakan tempat penjualan kebutuhan rumah tangga.

"Pemerintah dan aparat terkait seharusnya mendata usaha yang tergolong industry dan harus membeli LPJ industri agar kebutuhan kosumsi masyarakat tidak berkurang dan tidak terjadi kelangkaan tabung gas tiga kilo gram di tengah warga," jelas Hamid. (Sarifudin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00