Lihat Potensi Besar PD Pasar Makassar Jajaki Kerjasama dengan ASNI Bangun Pasar

KBRN, Makassar - Perusahaan Daerah (PD) Pasar Raya Kota Makassar mulai melebarkan sayap kerjasama dalam rangka mempercepat perbaikan tata kelola pasar. Kali ini, PD Pasar menjajaki Asosiasi Sales Nasional Indonesia (ASNI) Kota Makassar untuk diajak kerjasama membangun pasar

Direktur Utama PD Pasar Raya Makassar, Basdir menjelaskan, terkait rencana kerjasama tersebut, saat ini tengah dirancangnya. Mulai dari membahas program hingga target pasar dari pihak ASNI.

“Jadi kan kita ini mencoba menjajaki membangun kerjasama dengan teman-teman di ASNI. Nah, kami melihat pasar ini adalah potensi besar ketika kita menjalin kerjasama dengan teman-teman ASNI. Kita juga ini kan sekarang ini fokus membantu pak wali melaksanakan program Makassar recovery,” ujar Basdir saat ditemui di salah satu Warkop di jalan Boulevard, Rabu (7/4/2021).

Sambut Basdir, dengan kolaborasi ASNI maka dukungan sangat berpotensi dalam menunjang pengembangan pasar di Makassar. Misalnya, pembenahan kios pasar, pengadaan disinfektan, masker serta alat suhu. Di sisi lain, melalui program PD Pasar ini dianggap bisa membantu pihak ASNI.

Meski demikian, kata Basdir, pihak ASNI juga masih menyesuaikan target-target pasar yang bisa di jajakinya. Penentuan target tersebut menjadi tolok ukur di mana keduanya memberikan dan mendapatkan keuntungan satu sama lain lewat kerjasama tersebut.

“Mereka butuh target-target market yang jelas sesuai dengan usahanya dan tentu pasar adalah target pasar. Target yang luar biasa potensinya, pasar itu tempat berkumpulnya orang. Orang setiap hari berkumpul dan ini kan salah satu potensi besar ketika dimanfaatkan secara maksimal oleh teman-teman di ASNI,” terang Basdir.

Bagi Basdir, bukan hal mustahil kerjasama keduanya dilaksanakan. Sebab, salah satu tujuan utama keduanya bagaimana menyukseskan program Makassar Recovery dan terlebih, ihwal pembenahan pasar yang dinilai samrawut dan kumuh.

“Yang pasti, pertama kerjasama ini membantu bagaimana program Makassar Recover ini, berjalan secara maksimal dengan dukungan teman-teman. Kedua, bagaimana kemudian kami membenahi pasar yang ada di Makassar.”

“Pasar itu kan tidak didanai sumber dana APBD, itu murni dari pendapatan dari pasar. Nah, kalau ada dukungan teman-teman sponsor ini, ada kios-kios yang berusaha kami bisa diperbaiki, mau pasang branding-mu di situ silahkan. Kita sangat terbuka silakan saja dan ini saya rasa menguntungkan bagi ASNI juga menguntungkan dari sisi bisnis buat teman-teman,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua ASNI Kota Makassar, Hasrul AS mengakui keduanya masih tengah saling menjajaki terkait potensi apa yang diprogramkan ke depannya.

“Kita ketemu, saling menjajaki dulu, yang bisa kerjasamakan antara PD pasar dengan Asosiasi Sales Nasional Indonesia (ASNI). Karena, kan terus terang di ASNI itu ada sekitar 252 anggota dari berbagai brand, hampir semua brand yang ada di Kota Makassar itu ada di dalamnya. Mulai dari apa telekomunikasi ada semua jelas di dalam. Jadi sangat besar kemungkinan potensinya untuk bisa kerjasama,” papar Hasrul.

Adapun bentuk kerjasama ini dibeberkan Hasrul, mulai dari event hingga distribusi barang untuk disuplai ke pasar tersebut. Namun, yang pastinya belum ada kesepakatan utuh yang berbentuk MoU. Sehingga, keduanya masih akan mendiskusikan kembali soal kerjasama terebut. Termasuk pasar apa saja yang ditargetkan dari 18 pasar yang ada.

“Jadi dalam berbagai bentuk bisa dibilang mulai dari event, terus distribusi barang. Karena, pada dasarnya saling membutuhkan kan satu objek yang pasti diincar sama semua pelaku bisnis,” Cetus Hasrul.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00