Peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2021,  Pj Wali Kota Makassar Imbau Perokok Lakukan Ini.

Kegaiatan HPSN 2021.jpg
Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin saat memberikan Sambutan.jpg

KBRN, Makassar; Dinas Lingkungan Hidup DLH Makassar memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 dengan mengangkat Tema “Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi”, Kamis (25/2/2021). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin. Dalam sambutannya ia menyampaikan, permasalahan sampah di kota Makassar ini sebenarnya mudah, namun kendalanya tidak adanya kesadaran dari diri sendiri.

“Permasalahan sampah bisa menjadi masalah besar buat kita jika tidak adanya kesadaran dari diri sendiri,” ujarnya.

Menurutnya, HPSN ini dijadikan momentum kembali untuk mengintropeksi diri, khususnya langkah-langkah kebijakan yang telah diambil sekaitan dengan Kepedulian akan penanganan Sampah“Ada tiga tahap yang harus dilakukan, memperbaiki regulasi, lalu mengedukasi dan terakhir menjadikan buang sampah pada tempatnya sebagai budaya,” jelasnya. Rudy memberi contoh, saat masih kuliah di Jepang, dirinya menilai masyarakat disana bahkan tidak membuang sembarangan abu rokoknya.

"Jadi mulai dari langkah ataupun hal kecil dululah, seperti tidak membuang abu rokok sembarangan, kalau itu sulit setidaknya mulai dari puntungnya dulu," tutupnya.

Sementara, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Mario Said menyatakan, untuk memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah dalam melaksanakan pengelolaan sampah, dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi. Kemudian tujuan ketiga, memperkuat komitmen dan peran aktif produsen dan pelaku usaha lainnya dalam implementasi bisnis hijau (green business), dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi. Mario pun berharap melalui peringatan HPSN 2021 dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tetap memperhatikan lingkungannya dan selalu membuang sampah pada tempatnya. 

"Semoga kita bersama-sama bisa tetap menjaga lingkungan, dengan membuang sampah pada tempatnya dan senantiasa peduli akan kebersihan lingkungan," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00