Intensitas Hujan yang tinggi di Makassar menggenangi sejumlah wilayah pemukiman warga.

KBRN, Makassar : Tingginya intensitas curah hujan yang terjadi di kota Makassar beberapa hari terakhir menyebabkan beberapa titik pemukiman warga mengalami genangan hingga terjadi banjir. Selasa,(19/01/2021)

Plt Kasi PSDA Dinas PU Makassar Jumaing menyebut kondisi ini hampir setiap tahun terjadi sejumlah lokasi yang menjadi fokus perhatian Dinas PU dilakukan penyiagaan ratusan personil Satgas Drainase yang di sebar hampir di seluruh kecamatan senantiasa berupaya memantau dan melakukan pengurukan sedimen di setiap titik yang dinilai menjadi pemicu terjadinya genangan.

"Sekitar 400 an Satuan Tugas Drainase sudah kita siagakan hampir di seluruh kecamatan yang berpotensi banjir,"ungkapnya.

Namun khusus di daerah pemukiman warga yang hampir setiap hari dikeluhkan terkendala elevasi pembangunan drainase yang tidak sesuai dengan kondisi di lapangan meski aliran air di drainase tetap mengalir namun ketinggian drainase lebih rendah dari kanal ataupun sungai yang umumnya ada di daerah pemukiman.

"Kondisinya memang setiap tahun seperti ini karena, kita lihat saja elevasi Drainase yang tidak sesuai,"lanjutnya. Pj Walikota Makassar Rudy Djamaluddin mengatakan terjadinya genangan di sejumlah  lokasi disebabkan aliran pembuangan air yang kurang bekerja maksimal. Menurutnya, banjir kali ini agak mendingan dibandingkan dengan banjir di tahun-tahun sebelumnya.

"Contoh saja di depan kantor gubernur secara siginifikan sudah turun banyak. Tidak setiap hujan langsung banjir," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00