Disdik Makassar masih mengkaji juknis dan juklak rencana pembelajaran tatap muka.

Plt Kadisdik Makassar A.Irean Bangsawan.jpg

KBRN, Makassar: Pemerintah kota Makassar belum dapat memastikan jadwal pembelajaran tatap muka di sekolah mulai dilakukan, namun untuk petunjuk teknis belajar di sekolah saat ini sudah mulai dikaji oleh Dinas Pendidikan  Kota Makassar.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Makassar Andi Irwan Bangsawan kepada RRI mengungkapkan saat ini pihaknya tengah melakukan koordinasi sekaligus membahas seperti apa juknis pelaksanaan pembelajaran tatap muka nantinya.Rabu(24/11/2020)

"Kita masih terus berkoordinasi dengan sejumlah stakeholder terkait membahas langkah apa yang mesti dipersiapkan sekaitan dengan prose pembelajaran tatap muka,"ungkapnya.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayan (Kemendikbud) RI sebelumnya telah mengeluarkan kebijakan memperbolehkan pemerintah daerah membuka sekolah tatap muka mulai Januari 2021 mendatang.Irwan menuturkan Meski begitu, jadwal pembukaan sekolah belum bisa diputuskan, persiapan sekolah tatap muka masih terus dimatangkan, koordinasi bersama tim gugus dan pihak sekolah terus dilakukan meski kebijakan pembukaan sekolah tatap muka diserahkan ke Pemda setempat.

"Memang sudah kita terima informasi tersebut dair kemendikbud RI, tapi tidak bisa juga secara instan kita lakukan mesti diperhitungkan dulu sejak dini sebelum mengeluarkan kebijakan untuk membuka pembelajaran tatap muka," lanjutnya.

Senada hal tersebut Pengamat Pendidikan DR Abdullah Sinring menyebut jika tahapan pembelajaran tatap muka mulai dilakukan maka diperlukan adanya penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat, hal ini di maksudkan agar tidak timbul kekhawatiran dari orang tua anak didik terkait proses belajar tatap muka.

"Kalau memang mau dijalankan perlu diawali edukasi erlebih dahulu, baik itu melalui sosialisasi agar masyarakat dapat memahami bahwa penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat sangat diperlukan agar tidak lagi muncul rasa khawatir kalau anak anak kita sudah mulai belajar tatap muka kembali," tegasnya.

selain protokol kesehatan yang ketat, bentuk komitmen dan kerjasama antara orang tua termasuk pemerintah setempat sebagai pengambil kebijakan sebisa mungkin untuk tetap aktif memberikan edukasi kepada masyarakat utamanya terkait rencana tahapan pembelajaran tatap muka yang saat ini masih dibahas di tingkat Pemkot makassar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00