Manuver Lapangan Latihan Sikatan Daya Melibatkan 39 Pesawat.

KBRN. Makassar: Komando Operasi TNI Angkatan Udara II menggelar latihan antar satuan, dengan sandi “Sikatan Daya 2020” melibatkan skadron udara tempur, angkut, intai dan helikopter, dengan jumlah 39 pesawat.

Kepala Penerangan Koopsau II Letkol Sus Husban Abady  kepada KBRN Makassar melalui pesan Watsappnya menjelaskan, Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara II, Marsekal Muda TNI Minggit Tribowo, SIP, tiba di Lanud Abdlurachman Saleh Malang, Senin (28/09/2020) untuk menandai dimulainya manuver lapangan.

“Latihan tempur dengan sandi Sikatan Daya 2020 ini bertujuan untuk menguji sejauh  mana kesiapan dari seluruh satuan yang ada di jajaran Koopsau II”, ujar Lerkol Husban Abady.

Menurut Letkol Husban, Pangkoopsau II menjelaskan, bahwa Koopsau II memiliki 12 pangkalan udara, tiga diantaranya adalah Pangkalan Udara (Lanud) Tipe A yang membawahi beberapa skadron udara. Ini dilakukan manuver lapangan, bagaimana realisasi satuan tugas di jajaran Koopsau II dalam menjalankan tugasnya.

Sejumlah skadron udara yang memiliki pesawat-pesawat tempur dilibatkan kata Letkol Husban, diantaranya 4 pesawat Sukhoi dari Skadron Udara 11 yang akan tergabung dalam Satuan Pesawat Tempur (Satpespur) dengan sejumlah pesawat F-16 dari Skadron Udara 3,  pesawat Su-27/30 dari Skadron Udara 14, pesawat T-50i dari Skadron Udara 15, serta pesawat EMB-314 Super Tucano dari Skadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

“Manuver lapangan  akan berlangsung hingga 30 September 2020,  yang  didahului Gladi Posko dengan menggunakan sarana vikon yang berlangsung Senin-Rabu (21-23/9/2020)”, sebutnya.

Latihan antar satuan Koopsau II “Sikatan Daya” 2020, mensimulasikan beberapa operasi udara yang menjadi tanggungjawab Koopsau II, diantaranya operasi intelejen udara, serangan udara strategis, perlawanan udara maupun darat, serta operasi dukungan udara, meliputi pengisian bahan bakar di udara maupun penerjunan melibatkan sekitar 706 personel dengan 3 pangkalan operasi mengguakan, yakni Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Lanud Iswahyudi di Madiun dan Lanud Mulyono di Surabaya.

“Hari ini manuver lapangan dimulai oleh Satuan di jajaran Komando Operasi TNI Angkatan Udara II (Koopsau II) dengan sandi Sikatan Daya 2020 untuk menguji kemampuan tempur personel jajaran Koopsau II dengan segala aspek pendukungnya”, terang Letkol Husban.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00