Akibat Dispensasi, Tingkat Perkawinan Anak di Kab. Bone Meningkat

KBRN, Bone : Angka Dispensasi Perkawinan Anak di Kabupaten Bone, mengalami peningkatan dari Tahun  2019 sebanyak 104 kasus menjadi 139 kasus  saat ini di Tahun 2020. Hal ini disampaikan, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bone, Andi Ratnawati pada kick off meeting Implementasi kampanye Program Pencegahan Perkawinan Anak di  Bone, Rabu (12/8/2020).

“Angka dispensasi perkawinan di Bone itu naik sampai tahun 2020. Tantangan dalam pencegahan pernikahan anak sendiri bermacam-macam, dimulai dari nikah siri, praktek ini masih cukup besar dalam jumlah perkawinan anak. Syarat dispensasi perlu lebih diperketat,” Jelas, A. Ratnawati, AZ.

Sekdis DP3A Bone ini, secara tegas meminta syarat pemberian dispensasi perwakinan anak diperketat pada instansi terkait, guna menekan angka perwakinan anak.

Andi Ratnawati mengungkapkan, kendala atau tantangan yang dihadapi dalam upaya pencegahan perwakinan anak diantaranya pernikahan Siri dan Dispensasi perkawinan. Sebab, keduanya penyumbang angka terbesar terhadap pernikahan dibawah umur.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Unicef Makassar, Henky Widjaja memaparkan, Data SUSENAS 2018 menunjukan, Prevalensi perkawaninan anak di Sul-Sel lebih tinggi dari rata – rata Prevalensi Nasional. Sebab itu, Sebagai daerah dengan jumlah penduduk terbanyak kedua setelah Kota Makassar serta angka perwakinan anak tertinggi dari beberapa daerah lainnya di Sul-sel, Kabupaten Bone patut pendapatkan perhatian khusus dari pihak Pemerintah dan Non Pemerintah untuk menekan angka perwakinan anak dibawah umur.

“prevalensi perkawinan anak di Sulawesi Selatan adalah 14,10%, yang lebih tinggi dari rata-rata nasional (11,21%). Komitmen yang kuat dari pemerintah provinsi dan pemangku kepentingan lainnya juga menjadi salah satu peluang besar untuk mengakhiri perkawinan anak di Sulawesi Selatan,” Paparnya.

Selanjutnya : Stop Perkawinan Anak

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00