PHH Lantamal VI Simulasi Mengatasi Unjuk Rasa Anarkir.

KBRN. Makassar: Pasukan Penanggulangan Huru Hara (PHH) Lantamal VI, latihan di Pintu Utama Markas Komando (Mako) Lantamal dilaksanakan oleh para prajurit Lantamal VI, sempat mengundang  perhatian masyarakat yang sedang melintas, Kamis (06/08/2020).

Penanganan huru hara diiskenariokan,  bahwa di pintu gerbang utama Mako Lantamal VI telah terjadi demonstrasi oleh masyarakat yang berakhir dengan kericuhan sehingga berubah menjadi demontrasi anarkis akibat adanya provokator yang dilakukan oleh salah satu pendemo.

Para demonstran memaksa masuk ke Mako Lantamal VI sehingga keadaan semakin memanas dan dengan sigap Tim pasukan PHH yang terdiri dari personel Bintara dan Tamtama menggunakan peralatan pengamanan PHH lengkap, tameng pelindung dan tongkat segera menuju ke lokasi tempat terjadinya demo saat mendapatkan laporan dari Perwira Jaga Pos depan Mako Lantamal VI, Formasi PHH pun dilaksanakan oleh pasukan Lantamal VI ini, saat berhadapan dengan para pendemo, dengan terampil latihan penindakan massa dan penangkapan terhadap provokator serta latihan penyelamatan korban dilakukan oleh Pasukan anti Huru Hara.

Akhirnya demonstrasi tersebut berhasil diatasi oleh pasukan PHH Lantamal VI dan situasi pun kembali normal seperti sebelum terjadinya demo berlangsung.

Latihan PHH Lantamal VI yang dipimpin langsung oleh Asops Danlantamal VI Kolonel laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T., M.M., mengatakan, latihan PHH  bertujuan agar seluruh prajurit memahami prosedur dan prinsip PHH, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

“Latihan yang dilaksanakan ini merupakan salah satu rangkaian uji terampil Gladi Tugas Tempur (Glgaspur) Pangkalan 1 (P1) dan Pangkalan 2 (P2) sekaligus pembinaan fisik dan mengasah kemampuan para prajurit Lantamal VI dalam mengantisipasi demo yang anarkis”, Kolonel Ardhi Sunaryo

Latihan PHH Lantamal VI sempat mengundang perhatian sejumlah masyarakat yang sedang melintas di depan Mako Lantamal VI  ada yang berhenti  menjadi tanda tanya bagi merek menyaksikan  keterampilan pasukan PHH Lantamal VI saat mengatasi demo anarkis, namun setelah mereka mengetahui bahwa demonstrasi ini hanyalah  latihan simulasi PHH Lantamal VI, satu per satu masyarakat pun beranjak melajutkan perjalanan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00