Tim Satgas Kab. Bone, Kembali Menerima 71 WNI Asal Bone yang Dideportasi dari Malaysia

KBRN, Bone : Hari ini (3/7/2020), Tim Satgas Penjemputan warga negara indonesia (WNI) asal Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan akan menjemput sebanyak 71 orang warga bone di Pelabuhan Nusantara Kota Pare - Pare, yang dideportasi oleh pihak Pemerintah Malaysia.

sebagian besar bermasalah atau berkasus

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bone, Andi Sumardi Suaeb menyebutkan, Pemulangan warga bone ini sudah terjadi ke 4 kali penjemputan atau gelombang ke empat, namun jumlah ini lebih sedikit dibandingkan dengan gelombang ketiga sebelumnya yang mencapai 100 orang. Dari 71 warga bone yang dideportasi ini, sebagian besar bermasalah atau berkasus seperti Over Stay, Masa Paspor Mati,Hilang dan Tanpa Dokumen serta terjerat kasus kriminal Umum dan Narkotika.

"Menurut data, ada 23 overstay, 2 orang paspornya hilang tapi masih berlaku dan 4 orang lahir di Malaysia tidak memiliki dokumen, kasus terjerat narkoba 15 orang, 26 orang masuk Malaysia secara ilegal dan 1 orang kasus kriminal," Sebut, Ka. Kesbangpol Bone.

TKI Gelombang 3

Andi Sumardi berharap, Aparat Desa serta Pihak Keamanan setempat nantinya, agar lebih diperketat pengawasan terdahap warga bone yang dipulangkan dari Malaysia ini nantinya, sebab menurut laporan Satreskrim Polres Bone, Bahwa petugas di Kalimantan, kembali menangkap salah satu warga Bone yang sebelumnya telah dideportasi pihak imigrasi yang hendak memasuki wilayah Malaysia.

Ka. Kesbangpol Bone ini mengungkapkan, Dirinya akan berkoordinasi dengan pihak Dinas terkait serta pemerintah Desa dan Kecamatan, untuk mempekerjakan warga Bone yang dideportasi ini di beberapa perusahaan yang berada di Kab. Bone, agar WNI asal Bone ini tidak berniat untuk kembali ke Negeri Jiran tersebut untuk bekerja.

"Kita coba carikan mereka pekerjaan melalui Dinas Ketenagakerjaan. Mereka bisa dipekerjakan di pabrik gula di Camming dan Arasoe ataupun di tempat lainnya,"  tutur Andi Sumardi. 

Diketahui, Gelombang pemulangan warga negara indonesia (WNI) asal Kab. Bone selama pandemi, telah berlansung sebanyak 4 gelombang. Gelombang pemulangan pertama sebanyak  21 orang, Gelombang kedua 45 orang, Gelombang ketiga 100 orang dan Gelombang keempat yang hari ini, (3/7/2020) dipulangkan dan dijemput Tim Satgas sebanyak 71 orang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00