Sidak Hari Pertama Kerja ASN, Bupati Bone Menemukan Pejabat Tidak Berada di Kantor

KBRN, Bone : Hari pertama masuk kerja bagi ASN lingkup pemerintah Kab. Bone pasca libur lebaran Idul Fitri 1441 H, Bupati Bone A. Fashar M Padjalangi mendadak sidak di sejumlah kantor instansi Dinas dan Badan lingkup pemkab bone, Selasa (26/5/20).

Dalam sidak tersebut, Bupati mengecek lansung tingkat kehadiran pegawai dengan cara memeriksa setiap ruangan pegawai di setiap kantor instansi, selain itu, Bupati juga menemukan ruangan pejabat kepala dinas yang kosong atau tidak hadir ditempat kerja namun menurut penjelasan staf dinas terkait bahwa pimpinannya sempat berkantor dan selanjutnya dinas luar kantor.

Bupati A. Fashar M Padjalangi saat ditemui media ditengah sidak di dinas pekerjaan umum (PU) bone mengatakan, Tujuan sidak ini antaralain untuk memastikan tingkat kehadiran pegawai di hari pertama masuk kerja pasca lebaran dan juga ingin melihat tingkat kesadaran pegawai terhadap kepatuhan tentang imbauan pemerintah agar tidak menambah masa libur atau bolos kerja.

" Alhamdulillah hampir semua berlansung, sedangkan yang work from home masuk dulu baru kembali, jadi mereka patuh dan taat karena sudah ada sebelumnya ancama sanksi bagi mereka," Kata, Bupati Bone.

Bupati mengungkapkan, Selain sidak tingkat kehadiran, dirinya juga menyempatkan bersilaturahmi dengan para pegawai yang masih dalam suasana moment lebaran Idul Fitri.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bone A. Fajaruddin saat dikonfirmasi media dilokasi sidak menegaskan bahwa pemberian sanksi kepada pegawai jelas tertera dalam peraturan pemerintah (PP) tentang kedisiplinan ASN baik itu sanksi administratif maupun pemecatan bagi yang melanggar imbauan pemerintah mengenai tingkat kehadiran kerja di hari pertama masuk kerja pasca libur lebaran.

"Penerapan sanki sesuai dengan PP disiplin pegawai, kalau bicara sanksi ada tingkatannya dan sanksi paling berat itu pemecatan," Tegas, Kepala BKPSDM A. Fajaruddin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00