Perjalanan Karir Jenderal M.Yusuf Dimuseumkan Kodam Hasanuddin.

iFoto: Museum Jenderal M.Yusuf diresmikan .jpg

KBRN. Makassar: Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H., M.H., meresmikan Museum Jenderal M. Yusuf Kodam XIV/Hasanuddin, berlokasi di Jl. Rajawali No. 77 Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (17/08/2022). 

"Bertepatan dengan peringatan  HUT RI ke-77 pada hari ini, saya mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia, semoga makna perayaan HUT Proklamasi kali ini dapat menginspirasi kita semua untuk terus bersemangat melanjutkan perjuangan mengisi kemerdekaan demi kemajuan bangsa kita tercinta," Ucap Pangdam di awal sambutannya. 

Mayjen TNI Andi Muhammad menjelaskan, pembangunan Museum Jenderal M. Yusuf yang diresmikan, dimaksudkan untuk mengenang dan mengabadikan literatur tentang riwayat perjalanan karier Jenderal M. Yusuf, mulai sejak masa kecil, hingga mencapai puncak karir di dunia Militer dan jabatan penting lainnya.

"Pengadaan museum ini juga sebagai wujud penghormatan kepada Jenderal M. Yusuf sebagai salah satu tokoh ternama dari Sulawesi Selatan, dimana museum ini akan menyimpan berbagai story line perjalanan hidup beliau yang telah dikumpulkan oleh Tim pendiri museum selama ini melalui metode wawancara dengan beberapa narasumber," Kata Mayjen Andi Muhammad..

"Museum ini sekaligus sebagai sarana untuk menggugah dan mengobarkan semangat para generasi penerus untuk meneladani sikap dan semangat beliau dalam mengabdi secara tulus dan rela berkorban demi bangsa dan negara," Tambahnya. 

Cucu langsung dari H. Andi Mappayukki Raja Bone ke-32 ini mengharapkan dengan adanya museum ini dapat menjadi tempat untuk mengedukasi para siswa dan mahasiswa, bahkan masyarakat guna mengetahui lebih dekat sosok sang Jenderal M. Yusuf. 

"Museum ini diharapkan dapat menjadi tempat untuk mengedukasi para siswa dan mahasiswa, bahkan masyarakat guna mengetahui lebih dekat sosok sang Jenderal M. Yusuf yang terkenal tegas dan berani," Pesannya. 

Mayjen Andi Muhammad menekankan agar Museum Jenderal M. Yusuf idipelihara dan dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai wahana pelestarian literatur tokoh Jenderal M. Yusuf, sekaligus sebagai pendorong semangat juang generasi muda dan masyarakat Sulawesi Selatan pada umumnya, khususnya di kota Makassar untuk meneladani karakter yang telah ditunjukkan beliau semasa hidupnya.

Peresmian Museum Jenderal M.Yusuf ditandai fengan penandatanganan prasasti, penekanan tombol dan prosesi pengguntingan pita oleh Pangdam XIV/Hasanuddin.

Peresmian Museum Jenderal M.Yusuf dihadiri Kasdam Brigjen TNI Dany Budiyanto, Kapoksahli Brigjen TNI Andi Kaharuddin, S.I.P., M.M., para Perwira Ahli, Para Asisten, Perwira LO, para Dan/Kabalakdam XIV/Hasanuddin di wilayah Makassar, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulsel, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulsel dan Kota Makassar, Bapak Andi Heri Iskandar mantan Walikota Makassar keluarga Jend. M. Yusuf / mewakili keluarga Jend. M. Yusuf, Komandan Menwa Sub Kota Makassar Rahmatullah serta perwakilan siswa-siswi Kota Makassar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar