Mapala 45 Makassar bentangkan bendera raksasa di Buntu Burake Makale Tanah Toraja

Bendera raksasa di Buntu Burake

KBRN, Makassar : Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA 45) bekerja sama dengan sejumlah kelompok pencinta alam dari Makassar serta Pemuda Panca Marga Tana Toraja, membentangkan bendera merah putih berukuran raksasa di tebing Buntu Burake, Makale, Tana Toraja, Rabu, 17 Agustus 2022.

Bendera merah putih yang dibentangkan tepat di bawah pelataran kaca di kaki patung Yesus Memberkati ini berukuran 26 x 23 meter di atas ketinggian sekitar 90 meter.

Personil yang terlibat dalam pembentangan bendera merah putih di tebing Buntu Burake tersebut, diantaranya Mapala 45 Makassar, Mapala Swara Bhuwana UKI Paulus Makassar, Mapala LPI Makassar, Akar Indonesia Palopo, OPAKirana, Sawerigading Palopo, KPA Sakral Palopo, dan KSR 105 Unibos.

Kegiatan yang kami lakukan ini merupakan kegiatan yang sangat beresiko tinggi. Tentunya diakukan dengan mengutamakan keselamatan (safety). Personil yang akan terlibat langsung dalam pembentangan sebanyak 9 orang yang dipercayakan untuk repling dengan membawa bedera yang akan di bentangkan serta diawasi masing-masing 1 orang sebagai penjaga lintasan,” terang Alan Prima, Ketua Tim dalam kegiatan ini.

Sementara itu, Ketua Umum Mapala 45 Makassar, Veronika mengatakan pemerintah Kabupaten Tana Toraja sangat mengapresiasi dan menyambut serta mensupport dengan baik kegiatan yang dilakukan ini.

“Ini terbukti dengan keterlibatannya dalam kegiatan pembentangan ini serta merangkul beberapa organisasi-organisasi daerah seperti PPM Tana Toraja, KPA Tana Toraja serta Tenaga kesehatan Tana Toraja untuk ikut serta dalam penyuksesankegiatan pembentangan bendera raksasa,” ujar Veronika.

Sebelum membentangkan bendera merah putih berukuran raksasa tersebut diawali dengan upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan di pelataran patung Yesus Memberkati.

Pembentangan bendera merah putih berukuran raksasa ini dilakukan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Republik Indonesia.

Kegiatan ini didukung oleh Pemda Tana Toraja, Universitas Bosowa, Pemuda Panca Marga, BNN Tana Toraja, serta beberapa unsur lainnya.

Selain di tebing Buntu Burake, sejumlah organisasi pencinta alam di Toraja juga membentangkan bendera merah putih sepanjang 77 meter dinding pelataran kaca Buntu Burake. Sebanyak 7 organisasi pencinta alam Toraja terlibat dalam pembentangan bendera merah putih sepanjang 77 meter tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar