Unhas Sambut 7.416 Mahasiswa Baru

KBRN, Makassar : Universitas Hasanuddin menyambut secara resmi 7.416 mahasiswa baru pada periode akademik 2022/2023 yang dikemas dalam kegiatan bertajuk “Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)”.

Kegiatan berlangsung pukul 08.00 Wita secara luring terbatas di Baruga A.P Pettarani, Kampus Tamalanrea, Makassar dan terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan youtobe kemahasiswaan Unhas, Selasa (16/08).

Mengawali kegiatan, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Sp.BM(K)., dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada para mahasiswa baru yang secara resmi telah menjadi mahasiswa Unhas. Ia berpesan agar mahasiswa mempunyai semangat besar dan menggunakan kesempatan memgembangkan diri

“Pelaksanaan pengenalan kampus untuk hari pertama berlangsung di Baruga dengan melibatkan 7.416 mahasiswa baru yang terlaksana secara hybrid menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19. Selanjutnya, akan dilakukan kembali pengenalan kampus ditingkat fakultas dan prodi untuk memperdalam pemahaman mahasiswa tentang lingkungan baru mereka,” jelas Prof. Ruslin.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., juga menyambut hangat para mahasiswa baru Unhas yang telah berhasil menjadi bagian dari keluarga besar Unhas.

Prof JJ menjelaskan, Unhas pada tahun 2022menerima 7.416 mahasiswa baru dari beberapa jalur masuk yakni SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri, dengan total peminat 63.341 (jenjang Sarjana) dan 329 (jenjang Sarjana Terapan).

“Angka ini menunjukkan bahwa peminat Unhas terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini tentu bukan sekedar angka, namun para peminat Unhas juga melihat dari aspek kualitas pendidikan, kualitas alumni serta prestasi yang telah ditorehkan selama ini. Unhas tidak hanya dikenal di kancah nasional, tapi juga ditingkat global. Pada tahun ini saja kita menerima banyak tamu asing seperti Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese,” jelas Prof. JJ.

Lebih lanjut, Prof. JJ berpesan agar mahasiswa baru bisa mengeskplor minat dan bakat yang dimiliki melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) maupun program lain di Unhas sebagai bagian dari proses peningkatan kualitas mahasiswa. Unhas telah melahirkan banyak alumni hebat yang berkiprah hingga tingkat global. Diharapkan para mahasiswa baru mampu mengikuti hal tersebut dan menjadi kebanggaan almamater.

Pada proses penyambutan mahasiswa baru, Unhas juga melaunching gerakan anti perundungan melalui program “Unhas Cerdas” sebagai wujud komitmen Unhas menciptakan lingkungan kampus yang aman dan nyaman. Seluruh rangkaian kegiatan PKKMB berlangsung lancar dan hikmat hingga pukul 16.00 Wita dan akan dilanjutkan esok hari untuk agenda berbeda.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar