Bertabur Pejabat, Peringatan Hari Anak Nasional di Luwu Utara Berlangsung Meriah

KBRN, Luwu Utara :  Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Kabupaten Kabupaten Luwu Utara berlangsung meriah. Terbukti, seluruh perwakilan PAUD/TK, SD, SMP/Sederajat, SMA/Sederajat dan SLB di semua kecamatan, hadir dalam kegiatan yang dipusatkan di Pelataran Gedung Cagar Budaya Onderafdeling Kecamatan Masamba, Kamis (11/08/2022).

Seperti tak ingin kehilangan momentum Hari Anak Nasional, Bupati Indah Putri Indriani, Wakil Bupati Suaib Mansur, Sekda Armiadi, Forkopimda, BKKBN Sulsel, para Pimpinan Perbankan, BUMN/BUMD, para Kepala Perangkat Daerah, serta pejabat Luwu Utara lainnya, turut hadir memeriahkan Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli yang lalu.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dalam sambutannya berharap semua anak Indonesia, khususnya di Kabupaten Luwu Utara, bisa mendapatkan akses pemenuhan hak, perlindungan dan kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan, kesehatan, dan hal-hal lainnya yang menjadi hak para anak, khususnya di Kabupaten Luwu Utara.

“Saya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Luwu Utara untuk menjadikan momentum Hari Anak Nasional ini sebagai hari peduli, dan terus peduli kepada anak-anak, terutama untuk memastikan pemenuhan terhadap hak dan akses terhadap anak,”

Bupati beralias IDP ini berharap agar ke depan, anak-anak di kabupaten Luwu Utara menjadi generasi yang membanggakan, utamanya dalam menyongsong tahun 2048. Di mana pada tahun itu Indonesia akan menikmati bonus demografi karena memiliki kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang begitu kuat dalam menghadapi setiap perubahan. 

“Menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memastikan bahwa anak-anak kita ini bisa mendapatkan kesempatan bermain, bergaul, memanfaatkan waktu luang dan beristirahat, serta memberikan perlindungan tanpa diskriminasi, tanpa eksploitasi ekonomi maupun seksual, kekerasan, penganiayaan, serta lain sebagainya,” jelas ibu dua anak ini.

Lanjut Indah mengatakan bahwa momentum Hari Anak Nasional ini menjadi momentum bagi semua pihak untuk mengevaluasi perilaku masing-masing, apakah akses pemenuhan terhadap hak anak itu sudah mereka penuhi atau belum. “Hal yang paling berharga di dunia ini adalah senyum yang terukir di wajah seorang anak,” jelas Indah Putri Indriani.  

“Selamat Hari Anak Nasional untuk seluruh anak di Indonesia, khususnya para anak di Kabupaten Luwu Utara. Jadilah anak-anak yang selalu bahagia, ceria dan gembira, sehingga kita semua dapat berkontribusi dalam menyongsong masa depan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang layak anak,” tandas Bupati perempuan pertama di Sulawesi Selatan ini. 

Sebelumnya, Kepala DP3AP2KB, Andi Zulkarnaen, menyebutkan, tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan kepedulian, kesadaran, dan peran aktif setiap individu, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media dan pemerintah dalam menciptakan lingkungan berkualitas untuk anak, serta memberikan informasi seluas-luasnya kepada seluruh anak tentang pentingnya kualitas anak melalui peningkatan keluarga yang lebih berkualitas.

“Kita berharap momentum Hari Anak Nasional ini menjadi pengingat bahwa kita semua, seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Kabupaten Luwu Utara, agar dapat meningkatkan dan mengambil peran dalam penyelenggaraan pembinaan bagi anak di Kabupaten Luwu Utara,” jelas Zulkarnaen, yang juga mantan Kabag Umum Setda Lutra ini.

Diketahui, Tema HAN kali ini adalah “Anak Terlindungi Indonesia Maju”, dengan Tagline, “Anak Tangguh Pascapandemi COVID-19”. Tema ini sengaja diusung untuk mengingatkan seluruh masyarakat bahwa Indonesia kini tengah memasuki masa pascapandemi, sehingga terjadi perubahan dalam pola kehidupan pada anak dan menjadi tantangan baru dalam penyesuaian kembali kehidupan anak dalam kehidupan bermasyarakat.

“Melalui tema ini, kita berharap anak-anak dapat menyesuaikan diri dengan tetap tidak mengabaikan protokol kesehatan,” ucap pria yang akrab disapa Andi Zul ini, mengingatkan. Untuk diketahui, peringatan HAN kali ini juga dimeriahkan dengan berbagai lomba tradisional, seperti Egrang, lomba bakiak. Tak hanya itu, Bupati juga mengukuhkan Forum Anak Luwu Utara dan me-Launching Kader Cilik (Kancil) Gerakan Masyarakat Sehat. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar