Poltekbos Gelar Pengabdian Masyarakat di Desa Mattiro Bulu Pangkajene

KBRN, Makassar : Program Studi Perhotelan Politeknik Bosowa (Poltekbos) menggelar pengabdian masyarakat di desa Mattiro Bulu, Pulau Karanrang kabupaten Pangkajene, Rabu (10/8/22).

Kegiatan ini rangkaian hibah PIM berjudul Pemberdayaan Keluarga Nelayan pada Pengolahan Ikan Asap untuk produksi Bajabu (Abon Bugis Makassar).

Pengabdian masyarakat merupakan agenda rutin yang menjadi bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan oleh Civitas Akademika.

Dosen Prodi Perhotelan Dewi Andriani memaparkan jika selama pengabdian mereka memberikan edukasi pelatihan pembuatan Bajabu dari ikan asap dan desain kemasan produk UMKM.

Jadi kelompok masyarakat nelayan dapat ide olahan hasil tangkapan nelayan menjadi produk kreatif seperti ikan asap dan bajabu ikan asap yang bertujuan bisa meningkatkan daya simpan ikan serta menaikkan nilai ekonomis,”paparnya.

Peserta yang berpartisipasi sebanyak 40 orang sangat antusias, bahkan meminta pelatihan selanjutnya agar produk dapat diproduksi secepatnya.

Lebih lanjut, produk bajabu ikan asap berasal dari ikan tuna, cakalang, tawassang, layang hingga varian level pedas lainnya.

Dewi Andriani berharap dengan kegiatan ini dapat membantu masyarakat lebih mandiri dan menghasilkan partner dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat.

” Pulau ini punya penduduk yang padat dengan sumber ikan yang cukup banyak, masyarakat bisa menjadikan ini salah satu ide pengolahan ikan, mereka juga semangat untuk berwirausaha sehingga sesuai dengan harapan kita agar pelatihannya dapat langsung diimplementasikan dan menciptakan klp wirausaha produktif,” pungkasnya. (**/rls)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar