Jemaah Haji Kloter 16 Tidak Utuh Pulang, Begini Penjelasan Ikbal Ismail

KBRN, Makassar : Jemaah haji kelompok terbang (Kloter) 16 Embarkasi / Debarkasi Makassar tiba kembali di Tanah Air pada pukul 11.20 WITA dengan menggunakan pesawat  Garuda Airways flight number GA1216, Kamis (11/08/2022). 

Dalam prosesi penerimaan dan penyerahan jemaah yang berlangsung di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar, terungkap bahwa jumlah jemaah haji kloter 16 ini tidak utuh kembali ke Tanah Air sebagaimana ketika diberangkatkan ke Tanah Suci pada tanggal 28 Juni 2022 dengan jumlah 389 jemaah. 

Berkurangnya jumlah jemaah ini  diungkapkan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sulsel Ikbal Ismail dalam laporannya selaku Wakil Ketua PPIH Embarkasi Debarkasi Makassar ketika meyerahkan jemaah haji kloter 16 ke Pemerintah Daerah asal jemaah. 

"Jemaah kloter 16 ini berkurang 3 orang dari jumlah semula  389 orang. Ada 3 jemaah yang tanazul atau mutasi ke kloter lain. Ketiga jemaah ini mutasi (pindah) ke kloter 5, 10 dan 11. Jadi jemaah haji kloter 16 yang kembali tinggal 386 orang termasuk 4 orang petugas kloter," urainya. 

Adapun asal daerah dan jumlah jemaah haji yang tergabung dalam kloter 16 ini, lanjut Ikbal Ismail, yaitu Kabupaten Luwu Utara 105 jemaah, Pangkep 93 jemaah, Gowa 72 jemaah, Bulukumba 1 jemaah, Wajo 1 jemaah dan Makassar 20 jemaah serta Provinsi Papua 93 jemaah. 

Kepada seluruh jemaah haji kloter 16, mantan Kepala UPT asrama Haji Sudiang Makassar ini berpesan agar jemaah tetap melaksanakan ibadah atau kebiasaan-kebiasaan sebagaimana ketika masih berada di Tanah Suci. 

"Saya minta kepada kita semua agar kebiasan-kebiasaan di tanah suci jangan hilang, seperti rutin melaksanakan salat berjamaah.  Semoga bapak ibu sekalian meraih predikat haji mabrur," ucapnya. 

Mengakhiri laporannya, Ikbal Ismail menjelaskan tentang ciri haji mabrur, yaitu rajin beribah, menjaga tutur kata, memberi makan kepada fakir miskin dan senantiasa menghadirkan kedamaian bagi orang-orang 

Sekedar diinformasikan bahwa pejabat Pemprov Papua dan Pemerintah Kabupaten Kota se Sulsel yang hadir pada prosesi penerimaan jemaah haji kloter 16 ini antara lain Wakil Bupati Merauke Ahmad Ridwan, Kabid Haji dan Bimas Islam Kanwil Kemenag Papua Musa Narwawan, Kepala Kantor Kemenag Kab./Kota se Prov. Papua, Bupati Pangkep M. Yusran Lalogau, Kabag Kesra Luwu Utara Ari Setiawan, para Kepala Kemenag Kab./Kota se Sulsel serta Ketua Ikatan Persaudaraan Haji (IPHI) Prov. Papua bersama pengurus IPHI Sulsel. (*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar