Maros Tercatat Sudah Ada Dua Kecamatan Ditemukan Virus PMK

KBRN, Maros :  Penyakit Mulut dan Kuku yang menyerang ternak sapi di beberapa daerah di tanah air, kian merebak, untuk di Kabupaten Maros tercatat sudah ada dua kecamatan ditemukan PMK ini.

Pertama kali ditemukan di kecamatan Moncongloe beberapa waktu lalu, kini kembali' ditemukan di dusun Kampala desa Bonto Mate'ne kecamatan Marusu, ada puluhan ternak sapi terdeteksi mengidap penyakit ternak yang cukup  berbahaya bagi kesehatan ternak warga.

Untuk mengantisipasi penyakit ternak yang semakin merebaknya PMK ini, pihak pemerintah kecamatan bersama dinas pertanian yang membidangi peternakan lansung melakukan sosialisasi kepada masyarakat dipimpinan langsung salah satu dr.hewan dari dinas pertanian.

Camat Marusu H.Suwardi Sawedi.SE.Msi menjelaskan kalau memang benar sudah ada ternak sapi warga terindikasi terkena  penyakit PMK.

Penyakit PMK ini muncul di dusun pampangan desa Bonto Mate'ne, ada 16 ekor sapi milik warga yang terindikasi kena PMK, untuk mengantisipasi penyebaran penyakit ini, kami langsung berkoordinasi dengan dinas pertanian yang membidangi peternakan untuk turun memeriksa, " jelas Suwardi.

Dijelaskan juga, dia bersama dengan pihak dinas pertanian sudah melakukan sosialisasi kepada warga, agar penyakit mematikan ini tidak menyebar ke daerah lain, karena ini sangat merugikan warga, khususnya peternak sapi, "tutupnya.(**/rls)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar