Warga Apresiasi Program Senter KIM untuk Program Pengembangan Desa Digital

KBRN, Mamuju : Sekolah Internet Masyarakat Kelompok Informasi Masyarakat ( Senter Kim) menjadi pilot project pengembangan desa cerdas digital. 

Dua desa menjadi percontohan untuk program ini, yakni Desa Salutiwo di Kecamatan Bonehau Mamuju dan Desa Karataun Kecamatan Kalumpang, Mamuju. Di dua Desa tersebut, penerapan Senter KIM dilakukan pemberian materi arah kebijakan transformasi dan pengembangan internet nasional, serta cara merakit jaringan internet desa, menata kelola kios wifi, membuat website dan membuat konten yang dapat mengangkat sumber daya alam desa tersebut. 

Kepala Dinas Komifopers Sulbar, Mustari Mula 

mengatakan, dalam menindaklanjuti program itu pihaknya akan membangun koordinasi dengan sejumlah OPD guna melengkapi infrastruktur lainnya yang dibutuhkan dalam menunjang program tersebut. 

"Yang jelas dari segi sumber daya bandwidth kami yang akan kawal," ujar Mustari pada kegiatan Senter KIM di Desa Salutiwo, Bonehau Kabupaten Mamuju, Sabtu 6 Agustus 2022.

Jelasnya, pada giat pertama Senter KIM, pihaknya sudah melakukan praktik dengan harapan kedepan desa mampu mengelola internet desa dalam mengembangankan potensi sumber daya alam yang ada di desa. 

"Tadi kita sudah mulai melakukan praktik pada hal-hal teknis, yang langsung diimplementasikan, tadi ini peserta yang telah dilatih terus belajar merakit jaringan internet instra Desa melalui fiber optik atau Evo, kita memberikan bantuan selama 10 bulan dan saat ini tinggal kesepakatan antara pemerintah Desa, karena dengan sendirinya Pemerintah desa kedepan yang akan membiayai jaringan internet dan mengelolanya hingga terus berkembang," sebut Mustari Mula. 

Melalui pemberian materi Senter KIM, turut menghadirkan Ketua DPRD Sulbar, St. Suraidah Suhardi di Desa Salutiwo, Kecamatan Bonehau Kabupaten Mamuju. 

Dia mengapresiasi atas terobosan yang dilakukan Diskominfopers Sulbar dengan bekerja sama Relawan TIK dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan bagi masyarakat desa untuk mengelola bantuan internet. 

"Saya berharap program ini bisa terus kita tindak lanjuti di program-program selanjutnya, sinergi antara Kominfo dan pemerintah Desa itu sendiri agar semakin banyak relawan-relawan TIK yang akan dilibatkan dan terintegrasi menjadi corong informasi ditengah masyarakat dan program pemerintah," sebut Suraidah 

Ia juga menyampaikan pentingnya kolaborasi transformasi dari semua stakeholder terkait. Termasuk RAPIDA agar penyampai informasi antar masyarakat sampai kepada masyarakat.

 "Nah, itu yang ingin saya cita-citakan ke depan," ungkapnya 

Kepala Desa Salutiwo, Hans Malino menyebutkan, Desa Salutiwo sangat tertinggal di sisi teknologi dan digital, maka dari itu program Senter KIM menjadi solusi di Desa Salutiwo. 

"Terima kasih kepada pihak Dinas Kominfopers, ibu Ketua DPRD Provinsi Sulbar dan tim relawan TIK yang telah memberikan bantuan seperti ini. Mudah-mudahan kami sebagai pemerintah desa bisa memanfaatkan sebaik mungkin program pemerintah bantuan internet dan dalam waktu dekat ini dapat segera berjalan, "sebutnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar