Generasi Muda, Tradisi Lomba Rakyat 17 Agustus Patut Dilestarikan

Bulan aguatus selalu menjadi bulan yang dinantikan bagi masyarakat negeri ini, di bulan inilah kemerdekaan republik indonesia diproklamasikan tepat tanggal 17 Agustus. 

Menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77 tahun, pernak pernik atau hiasan seperti umbul umbul menghiasi lingkungan tempat tinggal masyarakat, bak bersolek, lingkungan tempat tinggal warga disulap dengan pernak pernik bendera dan lampion dengan nuansa merah putih. 

Suasana  tersebut semakin meriah dengan hadirnya sejumlah kegiatan , seperti panjat pinang, lomba makan krupuk, lomba tarik tambang dan kegiatan lomba lainnya yang menggugah kemeriahan. 

Rahmat Affandi mahasiswa UMI mengenang masa masa saat ia ikut serta pada kegiatan lomba dilingkungan tempat tinggalnya. Ia berharap perlombaan panjat pinang, makan krupuk tetap dilestarikan.

Senada, dengan Rahmat, Kiki salah satu warga yang bermukim dijalan petta punggawa mengaku sering mengikuti perlombaan memeriahkan hari kemerdekaan saat ia duduk dibangku SD, namun ia menilai jika dibandingkan dengan sekarang ini, kegiatan perlombaan di zaman ia masih duduk di bangku SD jauh lebih seru dibanding saat ini. Kiki mengenang ia sangat suka mengikuti perlombaan tarik tambang bersama teman temannya, bahkan meraih juara pertama. 

Sementara itu, adapun tema dari HUT Kemerdekaan ke-77 adalah 'Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat'. 

Menurut laman resmi Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg), tema ini dipilih untuk merefleksikan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dalam mempersatukan bangsa dalam menghadapi tantangan yang ada. Dasar-dasar negara itu yang menuntun Indonesia untuk bersama pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk membawa Indonesia maju.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar