Terdaftar HKI Appa Sulappa Memiliki Makna Penting

KBRN Makassar :  Kawasan kampung adat dan budaya Balla’ Barakkaka Gallesong, Kabupaten Takalar menyimpan banyak keunikan. Salah satunya simbol Appa Sulappa yang ada disetiap sudut kampung ini.

Disela-sela kunjungan RRI  di Kampung Adat dan Budaya Balla Brakkaka Prof. Dr. H.  Aminuddin Salle Dg. Patoto mengatakan, Appa sulappa dalam anyaman Wala Suji pada gerbang ini memilik arti dan makna tersendiri. Tak hanya itu , disetiap bagian Balla’ Barakkaka terdapat simbol Appa Sulappa. (29/06/2022)

“Appa Sulappa  merupakan  persegi sama sisi. Didalam ini ada huruf SA Lontara” Ujar Inisiator kampung adat dan budaya Balla' Barakkaka tersebut.

Profesor Aminuddin Salle menambahkan bagi orang makassar SA sangat penting artinya. SA dalam Bahasa makassar berarti Siri,.  Hukum yang tertinggi manusia ada pada harkat dan martabatnya. Sehingga banyak acara  penting terdapat banyak simbol Appa Sulappa. Salah satunya setiap acara perkawinan. 

“Aksara Lontara huruf SA sangat besar artinya, Jika seseorang tidak mempunyai SA orang dahulu menganggap bahwa setara dengan hewan,  karena hewan tidak punya rasa malu. SA dalam Bahasa makassar berarti Siri. Siri dalam Bahasa Indonesia berarti malu, malu jika tidak berbuat baik , malu berbuat jahat, malu tidak berprestasi. Maka orang dulu menganggap jika seseorang tidak mempunyai SA maka seperti hewan yang tidak punya rasa malu.” Ungkap Profesor Aminuddin Salle yang juga seseorang Guru Besar Universitas Hassanuddin.

Bukan hanya sekedar hiasan,  Alasan Appa Sulappa berada dipintu gerbang karena memilih makna tersendiri. Gapura berasal dari Bahasa arab Al-gafur yang artinya termaafkan. Sehingga orang yang memasuki gerbang yang ada Appa Sulappa adalah  orang yang termaafkan, bersih hatinya. Maka tidak terlalu dikhawatirkan adanya pencuri di balla' barakkaka karena keyakinan semua orang yang memasuki kawasan adat dan budaya adalah orang yang baik. 

Dalam simbol Appa sulappa terdapat 3 susunan bambu yang memiliki arti tersendiri. Arti 3 susunan bambu  tersebut  adalah  berusaha , berdoa dan tawakal. Jadi selama berusaha ada proses dan tawakal. Hal ini selalu berhubangan dengan Tuhan Yang Maha Esa sejalan dengan syariat islam.

Oleh  Professor Aminuddin Salle,  Appa Sulappa didaftarkan ke Hak Kekayaan Intelektual (HKI).  Hal yang mendasari Professor Aminuddin mendaftarkan Appa Sulappa ke HKI adalah kekhawatiran hak cipta diambil atau diklaim bangsa lain.  Sehingga jika sesorang ingin menggunakan simbol Appa Sulappa baik itu digunakan untuk logo maka harus seizin Professor Aminuddin Salle.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar