Ombudsman RI Perwakilan Sulsel Apresiasi PPIH Embarkasi

Foto: Ombudsman Pantau Pemberangkatan Kloter Terakhir Embarkasi Makassr.jpeg

KBRN. Makassar:  Tim Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Selatan (Sulsel) melayangkan pujian kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Makassar usai memantau langsung pemberangkatan kloter 19 yang merupakan kloter terakhir diberangkatkan dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makasaar, Sabtu (02/07/2022) musim haji 1443 H / 2022 M.

Selama tiga hari berturut-turut melakukan pemantauan, Muslimin B. Putra bersama Fajar dari Ombudsman Sulsel menyimpulkan bahwa seluruh tahapan pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) melalui embarksi Makassar, mulai masuk Asrama diterima, menginap hingga pelepasan di Aula Mina Asrama Haji Makassar berlangsung dengan baik dan lancar berkat kesigapan panitia.

"Ada dua fokus yang kami pantau yakni ketersediaan petugas dan ketersediaan sarana. Dari hasil pemantauan, ketersediaan petugas PPIH cukup memadai, demikian pula ketersediaan sarana transportasi, konsumsi dan akomodasi. Tentu karena ditopang oleh PPIH yang cukup handal", Ucap Muslimin usai memantau pemberangkatan JCH di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Secara khusus, Muslimin menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasinya kepada Kepala Kanwil Kemang Sulsel, Khaeroni, Kepala Bidang PHU Ikbal Ismail dan pihak UPT Asrama Haji Makassar atas kerjasamanya telah memberi akses, bak akses informasi maupun akses dalam memantau langsung seluruh tahapan pemberangkatan JCH embarkasi Makassar.

"Atas nama Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Selatan, kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bapak Kakanwil Kemenag Sulsel, Kabid PHU dan UPT Asrama Haji atas kerjasama dan koordinasinya. Tentu ini sejalan dengaj PP Nomor 8 tahun 2020 tentang Koordinasi Penyelenggaraan Ibadah Haji", Tuturnya.

Muslimin mengatakan, Tim dari Ombudsman RI Perwakilan Sulsel berharap proses pemulangan (debarkasi) juga nantinya bisa berjalan dengan lancar dimana jemaah haji mendapatkan layanan yang baik hingga diberangkatkan kembali ke daerah asal masing-masing.

"Seluruh tahapan embarkasi alhamdulillah berjalan dengan lancar, harapan kita semoga prosesì pemulangan juga demikian, terutama bagasi jemaah termasuk ketersediaan dan kecukupan air zamzam yang akan dibawa pulang jemaah ke rumah," Ungkapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar