Balitbanda Sulbar Kerja Sama LPPM UNHAS Peta Jalan Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan

KBRN, Mamuju : Dalam rangka membangun ekosistem riset dan inovasi di Balitbanda Sulbar yang terarah dan berkesinambungan. 

kepalaBalitbangda Sulbar, Saparuddin Sunusi beserta kepala bidang dan pejabat fungsional peneliti, berkunjung ke kantor LPPM Unhas untuk membangun kerjasama penyusunan Rencana Induk Kelitbangan atau peta jalan penelitian, pengkajian dan pengembangan di Sulawesi Barat. 

Penyusunan Peta dalam penelitian, pengkajian dan pengembangan dilakukan karena Balitbangda belum memiliki pedoman dasar penelitian. 

" targetnya adalah Rencana Induk kelitbangan terintegrasi dengan RJMD tahun 2024.  sehingga Balitbangda dalam menjalankan fungsinya memiliki pedoman penelitian dan pengkajian dan pengembangan. yang outputnya sebagai rujukan atau basis data dalam perumusan kebijakan pembangunan," kata Saparuddin

Saparuddin juga mengatakan bahwa langkah awal yang dilakukan adalah menyusun TIM secara kolaboratif antara LPPM Unhas dengan SDM Iptek di Balitbangda dan BRIN dengan berbagai bidang keahlian masing-masing.

" setelah terbentuk, maka langkah selanjutnya adalah melakukan diskusi intensif mengenai kondisi geografis sulbar, kondisi demografi serta Potensi sumber daya alam sulbar. juga pada aspek sosial budaya,  pendidikan dan kesehatan dan beberapa aspek lainnya yang ada di sulbar. Target awal tahun 2022 ini adalah penyusunan kerangka dan tahapan-tahapan yang akan dilalui dalam penyusunan RIK ini. kemudian tahun 2023 melakukan action dari tahapan-tahapan yang telah disusun oleh timdan pertengahan  tahun 2023 ini sampai pada tahapan akhir penyusunan dokumen RIk," tambahnya. 

Kerjasama penyusunan RIK disambut baik oleh Ketua LPPM Unhas Prof. Dr. Alimuddin Unde, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa Rencana Induk Kelitbangan merupakan hal yang begitu penting sebagai pedoman dasar melakukan Riset dan Inovasi. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar